Sukses

Jadi Tempat Favorit untuk Bersantai, Ini Alasan Kucing Kerap Tidur di Atas Laptop

Kadang suka kesal ketika melihat kucing tidur di atas laptop. Apa alasan kucing suka bersantai di atas laptop?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kucing, pemandangan anabul bersantai di atas laptop mungkin sudah jadi hal biasa dalam keseharian. Kadang kesal juga ketika buru-buru ingin bekerja tapi tampak kucing sedang bersantai di atas keyboard laptop.

Menurut ahli, hal ini bukanlah hal yang berbahaya. Namun, apa alasan di balik perilaku ini? Mengapa kucing terobsesi dengan laptop pemiliknya?

Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang besar dan mungkin sulit dilakukan untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, para ahli perilaku kucing masih memiliki teori untuk menjelaskan kebiasaan kucing yang suka bersantai di atas laptop.

Jika kamu berpikir alasan utama kucing tidur di atas laptop adalah karena panas yang timbul, ini salah. Ternyata kucing tidak tertarik hanya pada panas yang dihasilkan oleh laptop.

"Memang benar laptop memancarkan panas dan kucing menyukai tempat yang hangat. Namun, kalau begitu mengapa kucing tidak duduk di dekat pemanas atau radiator saja?" ujar ahli psikologi hewan yang sudah mendalami bidang ini selama 25 tahun, David Sands kepada Science Focus.

Sands kemudian mengungkap bahwa yang menarik kucing kepada laptop adalah baunya. Atau, lebih tepatnya, bau yang kamu tinggalkan di sana secara rutin.

"Meskipun kamu tidak bisa mencium bau itu, kucing dapat mencium bau kamu di seluruh bagian laptop khususnya keyboard," jelas Sands.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Meninggalkan Bau Mereka Sendiri

Menurut Sands, kucing adalah makhluk yang sangat tergantung pada indera penciuman mereka, dari ujung ekor hingga ujung hidung.

Mereka mengandalkan penciuman mereka untuk menemukan makanan dan berburu, terutama di malam hari.

“Meskipun kucing mungkin duduk di atas komputer kamu karena mereka menyukai bau yang ada di sana, sebenarnya mereka mungkin hanya ingin meninggalkan bau mereka sendiri dan mengambil alih bau kamu,” kata Sands.

Hal ini mungkin dilakukan sebagai tanda kepemilikan, di mana kucing ingin menunjukkan bahwa kamu adalah miliknya.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Tak bisa dimungkiri bahwa kucing yang bersantai di atas laptop terkadang bisa sangat menjengkelkan.

Bukan hanya mengganggu pekerjaan, aktivitas ini juga bisa menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan. Mulai dari menutup dokumen penting tanpa menyimpan hingga mengirim pesan lain kepada bos dengan tulisan asal.

Jika mereka mengganggu pekerjaanmu, Sands menyarankan untuk membersihkan laptop secara rutin. Dengan begitu, baumu pada laptop tidak akan menempel lama dan kucing tidak tertarik untuk bersantai di atas laptop.

4 dari 4 halaman

Menjengkelkan Tetapi Tetap Aman

Meskipun menjengkelkan, kamu tak perlu khawatir tentang kesehatan atau keamanan kucing dalam hal ini. Kucing tidak akan terluka jika bersantai di atas laptopmu.

"Secara fisik, hal ini tidak akan menyakiti mereka," Sands menjelaskan.

Menurut Sands, jika kucing suka bersuara dan selalu mengikuti ke mana-mana, itu bisa menjadi tanda bahwa kucingmu sedang merasa cemas dan ingin mencari perhatianmu. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan duduk di atas laptop dan mengganggumu.

Namun, jika kucingmu tidak menunjukkan tanda-tanda seperti itu, tidak ada alasan untuk tidak membiarkan mereka merebahkan diri di atas laptop selama tidak merugikanmu.

Banyak orang mengira bahwa kucing yang menggosokkan dirinya padamu atau pada benda-benda yang kamu sentuh menunjukkan rasa sayang.

Namun, sebenarnya kucing adalah makhluk yang sangat ingin memiliki. Bagi mereka, semakin sering mereka bersentuhan denganmu dan meninggalkan bau mereka pada kamu, semakin baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.