Sukses

11 Buah Rendah Gula, Cocok Jadi Camilan Lebaran Idul Fitri

11 buah-buahan rendah gula ini cocok jadi alternatif camilan Lebaran Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Konsumsi buah adalah cara yang baik untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Kendati demikian, Anda mungkin segan makan beberapa jenis buah karena kandungan gulanya yang tinggi.

Menurut Dietary Guidelines for Americans 2015-2020, asupan gula tambahan tidak boleh lebih dari 10 persen asupan kalori harian (jadi, 200 kalori atau 50 gram gula per hari untuk 2.000 kalori per hari).

Sementara American Heart Association merekomendasikan agar tidak mengonsumsi lebih dari 100 kalori atau 24 gram gula tambahan per hari.

Gula tambahan memang tidak baik untuk dikonsumsi sebab tidak memberikan nutrisi, melainkan hanya menambah jumlah kalori yang dikonsumsi. Konsumsi gula berlebih juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan penyakit jantung, berbagai jenis kanker, serta masalah kulit.

Namun, buah-buahan segar tidak mengandung gula tambahan. Oleh karena itu, meski pakar kesehatan merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan, gula dalam buah utuh tidak menjadi persoalan, sebut profesor epidemiologi & biostatistik di UCI Public Health Andrew Odegaard, PhD.

Tidak hanya gula, buah juga sarat akan serat, air, dan vitamin. Oleh sebab itu, makan buah tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang sama dengan saat mengonsumsi gula rafinasi.

"Buah juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda", ucap ahli gizi Isabella Bazzaro kepada Insider. Diet tinggi antioksidan dapat mengurangi peradangan di tubuh yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau kanker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah Rendah Gula

Asal Anda tidak memiliki masalah gula darah seperti diabetes, makan dua atau tiga porsi buah per hari baik untuk kesehatan, ucap Bazarro.

Namun, jika Anda menderita diabetes, ingatlah bahwa yang paling penting adalah rutin memantau kadar gula darah sesuai sesuai instruksi dokter, karena ini dapat dipengaruhi oleh berbagai makanan (termasuk buah).

Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan rendah gula sebagai alternatif. Beberapa buah rendah gula dan kaya nutrisi menurut situs Pure Wow yaitu:

1. Stroberi

Tidak hanya rendah gula, stroberi dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah. Stroberi juga mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh.

2. Raspberry

Wilson mengatakan bahwa buah beri, terutama raspberry adalah salah satu buah rendah gula terbaik yang dapat dikonsumsi. Raspberry hanya mengandung 5 gram gula per cup.

3. Alpukat

Alpukat sangat rendah gula. Sebuah alpukat hanya mengandung satu gram gula. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C, E, K, dan B6.

3 dari 4 halaman

4. Kiwi

Sebuah kiwi hanya mengandung sekitar 7 gram gula. Buah ini juga merupakan sumber Vitamin E yang sangat baik, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Buah Persik

Meski memiliki rasa yang cukup manis, kandungan gula dalam buah ini relatif rendah, lho. Buah persik hanya mengandung sekitar 13 gram gula. Buah ini juga kaya akan Vitamin C, B2 dan A, serta zat besi dan antioksidan.

6. Plum

Dengan hanya 30 kalori dan sekitar 7 gram gula, plum adalah buah rendah gula yang sempurna untuk dikonsumsi. Plum juga kaya serat, yang dapat membantu memperlambat lonjakan gula darah setelah konsumsi karbohidrat.

7. Cataloupe

Dengan kandungan gula yang tidak lebih dari 13 gram per porsi, cantaloupe jadi pilihan tepat untuk untuk Anda yang ingin makan buah rendah gula. Cantaloupe juga rendah karbohidrat karena terdiri dari 90 persen air. Selain itu, buah ini merupakan sumber Vitamin A.

4 dari 4 halaman

8. Jeruk

Dikenal tinggi vitamin C, sebuah jeruk Navel mengandung hanya sekitar 70 kalori dan kurang dari 14 gram gula. Selain itu, buah ini juga membantu tubuh menyerap zat besi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Timun

Sebuah timun hanya mengandung lima gram gula. Timun juga mengandung magnesium, kalium dan vitamin K, yang semuanya berperan penting dalam sistem kardiovaskular.

10. Pir Asia

Pir adalah buah lezat yang sebagian besar terdiri dari air dengan relatif sedikit gula. Pir Asia adalah pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang ingin mengontrol asupan gula, karena hanya mengandung sekitar 9 gram gula per buahnya, yang lebih rendah dibandingkan pir biasa.

11. Lemon dan Limau

Lemon dan limau yang hanya mengandung 2 dan 1 gram gula per buahnya cocok untuk dijadikan pilihan sehat. Tak hanya itu, kedua buah ini sarat dengan Vitamin C, yang dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini