Sukses

Lebaran 2023, Menkes Budi Imbau Tetap Tetap Prokes agar Bisa Rayakan Idul Fitri dengan Sehat dan Nyaman

Dalam ucapan Lebaran 2023, Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan saat merayakan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan Lebaran Idul Fitri disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin kepada seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan.

"Satu bulan penuh kita telah beribadah di bulan Ramadhan beribadah, kini hari yang fitri telah tiba. Saya Budi Sadikin Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengucapkan Idul Fitri bagi masyarakat Indonesia yang merayakan," kata Budi. 

Tak lupa, ia mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan saat merayakan Lebaran Idul Fitri 2023. Lantaran, situasi masih pandemi COVID-19.

"Saya mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan melengkapi vaksinasi COVID hingga booster agar kita bisa merayakan Idul Fitri dengan sehat dan nyaman," kata Budi dalam video yang diunggah Kementerian Kesehatan ditulis Sabtu, 22 April 2023.

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. Dengan menerapkan protokol kesehatan bisa melindungi masyarakat dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Tetap melakukan protokol kesehatan yang baik dan benar, dan jangan lupa vaksinasi booster agar senantiasa terlindung dari COVID-19," kata Dante.

Ajang Silaturahmi

Baik Budi dan Dante juga menyampaikan bahwa Idul Fitri ini adalah momen untuk saling memaafkan. Serta jadi ajang menjalin silaturahmi dengan keluarga dan orang tersayang.

"Semoga diberi kesehatan dan keberkahan untuk berkumpul bersama keluarga, agar tali silaturahmi tetap terjaga dan kesehatan tetap terjaga," kata Dante dalam video ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Minta Perketat Penggunaan Masker bagi Beberapa Kelompok

Beberapa hari sebelum Lebaran Idul Fitri 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa masyarakat tak perlu berlebihan melihat kenaikan kasus COVID-19. 

"Saat ini penyebaran COVID-19 mulai agak meningkat, namun tidak perlu menyikapi secara berlebihan," kata Jokowi.

Salah satu upaya mencegah penularan COVID-19 yakni dengan penggunaan masker. Masker perlu dipakai bagi yang merasa sakit serta orang yang berisiko tinggi mengalami keparahan bila tertular virus Corona seperti orang dengan penyakit komorbid. 

"Saya minta bagi mereka yang merasa flu atau demam agar menggunakan masker," kata Jokowi.

"Jika bertemu dengan lansia, sebaiknya menggunakan masker," tegas Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Cuci Tangan dengan Sabun

Selain penggunaan masker, Jokowi juga mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan diri. Salah satunya dengan mencuci tangan setelah berkegiatan.

Mencuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu cara memutus rantai penularan penyakit. Bukan cuma COVID-19.

 "Jangan lupa mencuci tangan setelah kita berkegiatan," kata Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini