Sukses

Moonbin ASTRO Meninggal Dunia, Fans Khawatirkan Kesehatan Mental Sang Adik Moon Sua Billlie

Moonbin ASTRO meninggal dunia, penggemar mengkhawatirkan kesehatan mental Moon Sua Billlie, adik Moonbin ASTRO.

Liputan6.com, Jakarta - Moonbin ASTRO dikabarkan telah meninggal dunia. Manajer Moonbin menemukan idola K-Pop 25 tahun tersebut meninggal dunia di kediamannya, tepatnya di Gangnam, Seoul pada Rabu (19/4/2023).

Pihak agensi juga telah membenarkan kabar meninggalnya Moonbin Astro seperti melansir Koreaboo.

Para penggemar Moonbin pun terkejut. Mereka juga mengkhawatirkan kesehatan mental adik perempuan Moonbin, Moon Sua, member girl group Billlie.

Kekhawatiran warganet lantaran keduanya dikenal sangat dekat.  Sesama idola K-Pop, Moon Sua kerap kali meminta saran dan masukan dari sang kakak.

Hal ini diungkapkan oleh Moon Sua dalam sebuah klip dari KOCOWA TV yang diunggah pada 14 Januari 2023 lalu.

“Aku sering menelepon dia (Moonbin). Sejujurnya, karena aku merindukannya. Tetapi lebih dari itu, aku meneleponnya saat aku butuh sarannya,” tutur perempuan berusia 23 tahun tersebut.

Kemudian, Moon Sua blak-blakan mengungkap bahwa Moonbin adalah panutannya. “Kakak laki-lakiku adalah panutanku,” ucapnya dalam kesempatan yang sama.

Klip yang kembali beredar di internet saat-saat ini membuat warganet sedih dan khawatir terhadap Moon Sua.

“Dia tidak hanya kehilangan kakaknya tetapi juga panutannya, pendukung utamanya, sumber kekuatannya dalam hidup,” tulis akun @*****inmyheart di Twitter.

“Ini sangat menyakitkan untuk ditonton. Aku tidak bisa membayangkan apa yang Moon Sua alami saat ini,” cuit akun @****itseliii.

“Ini memilukan hatiku. Moonbin tidak akan pernah menanggapi panggilannya sekarang. Dia saja terdengar putus asa saat berbicara mengenai kakaknya yang tidak mengangkat teleponnya,” akun @****slits127 turut bersimpati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Kenang Penampilan Duet Moonbin dan Moon Sua di Music Bank

Meninggalnya Moonbin membuat penggemar membagikan ulang video penampilan duetnya dengan sang adik tahun lalu.

Dalam penampilan di Music Bank tersebut, Moonbin dan Moon Sua tampil memukau dengan bawakan lagu Candy In My Ears. Menurut warganet, penampilan dengan konsep ceria tersebut kini tak bisa membawa senyum lagi ke wajah mereka.

“Ih ini gue ga bisa nonton stagenya Moon Siblings Candy In My Ears dengan senyum ceria lagi,” tutur akun @y****lau.

“Tahun lalu, aku biasa menonton pertunjukan Candy in My Ears dari Moon Siblings hampir setiap hari. Aku tidak bisa menontonnya sekarang,” ungkap akun @gl****ys bersedih.

Fans Khawatir, Instagram Moon Sua Dibanjiri Ucapan Duka

Sebagai bentuk kekhawatiran dan belasungkawa, akun pribadi Moon Sua juga dipenuhi ucapan duka.

“Jaga dirimu ya. Kamu tidak sendiri. Aku kirimkan pelukan dan kebahagiaan dari kejauhan,” tulis warganet di kolom komentar Instagram Moon Sua, @a_us_noom.

 “Jadilah kuat ya, Sua. Dia akan hidup dalam memorimu. Dia adalah malaikat penjagamu. Kami di sini untuk mendukungmu,” warganet lainnya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Konfirmasi Kepergian Moonbin, Agensi ASTRO Minta Penggemar Hargai Keluarga Moonbin

Pihak agensi ASTRO, Fantagio, telah mengonfirmasi bahwa Moonbin telah pergi selamanya. 

“Pada 19 April, anggota ASTRO Moonbin tiba-tiba meninggalkan kami untuk menjadi bintang di langit. Meskipun kami tidak dapat membandingkan kesedihan kami dengan kesedihan yang dirasakan oleh keluarga yang berduka, kehilangan putra dan saudara lelaki tercinta, anggota ASTRO, sesama artis Fantagio, eksekutif perusahaan, dan karyawan berduka atas almarhum dengan kesedihan dan keterkejutan yang luar biasa,” tulis agensi pada keterangannya.

Agensi berharap, para penggemar dan masyarakat dapat menghargai keluarga di keadaan yang sulit ini. Fantagio juga meminta agar penggemar tidak berspekulasi terkait kematian Moonbin. 

“Kami dengan tulus meminta Anda untuk menahan diri dari laporan spekulatif dan jahat, agar keluarga yang berduka, yang berada dalam keadaan sangat sedih dan berduka karena berita yang tiba-tiba, dapat menghormati almarhum,” tulis keterangan agensi.

Lebih lanjut, agensi melaporkan bahwa pemakaman untuk Moonbin akan dilakukan dengan privat.

“Sesuai dengan keinginan keluarga yang ditinggalkan, pemakaman akan diadakan sesunyi mungkin bersama anggota keluarga dan rekan perusahaan. Sekali lagi, kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada almarhum,” papar agensi.

4 dari 4 halaman

Cha Eun Woo Terbang dari Amerika Serikat untuk Hadiri Pemakaman Moonbin

Aktor sekaligus member grup ASTRO, Cha Eun Woo, dikabarkan langsung terbang dari Amerika Serikat (AS) ke Korea Selatan.

"Anggota ASTRO Cha Eun Woo saat ini berada di Amerika Serikat. Begitu dia mendengar berita duka Moonbin, dia bersiap untuk pulang. Dikatakan bahwa anggota lainnya juga sangat terkejut," papar laporan Dispatch dikutip pada Kamis (20/4/2023).

Moonbin Diduga Bunuh Diri

Lebih lanjut, polisi setempat melaporkan bahwa tidak ada tanda-tanda pembunuhan dari kepergian Moonbin.

"Tampaknya Moonbin bunuh diri. Kami saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan autopsi untuk menentukan penyebab pasti kematian," kata polisi setempat dikutip dari Soompi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.