Sukses

Victoria Beckham Idap Rinitis Alergi, Ini 9 Makanan yang Diyakini Bisa Redakan Gejala

Apa itu rinitis alergi yang diidap oleh Victoria Beckham? Apa saja makanan yang bisa meredakan?

Liputan6.com, Jakarta - Anggota grup Spice Girls sekaligus istri pesepak bola David Beckham, Victoria Beckham, memiliki kondisi rinitis alergi.

David Beckham mengungkap, tak hanya istrinya, kondisi serupa juga dialami oleh anaknya. 

“Anak-anak dan istriku mengalami (alergi) itu setiap tahunnya,” tuturnya.

Rinitis alergi adalah kondisi yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap hal-hal tertentu, seperti melansir WebMD. Kondisi ini memiliki dua jenis: musiman, yang terjadi hanya satu musim pada satu tahun, serta tahunan yang dapat dipicu oleh beberapa hal, termasuk serbuk sari dan bulu kucing.

Untuk meredakan kondisi alergi ini, ada beberapa makanan yang wajib dikonsumsi, menurut saran Muscle Food.

Bawang Merah

Bawang merah kaya akan kuersetin, yaitu antioksidan untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, seperti melansir Klikdokter. Oleh karena itu, jika konsumsi bawang merah cukup, bawang merah dapat membantu meredakan gejala alergi.

Rumput Laut

Rumput laut dipercaya menjadi konsumsi bagus untuk mengatasi gejala alergi. Sebab, makanan satu ini penuh dengan antioksidan seperti vitamin A, C dan E. Tak hanya itu, rumput laut memiliki sifat anti-alergi yang dapat membantu pengidap rinitis alergi melewati masa alergi kambuh.

Ikan Salmon

Ikan salmon bermanfaat untuk mengaktifkan sistem anti peradangan. Terlebih lagi, ikan salmon dapat meredakan pengap dan hidung tersumbat saat alergi kambuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah yang Kaya Vitamin C

Jeruk

Buah ini dapat mengontrol alergi karena penuh dengan vitamin C. Sebab, vitamin C dapat menjadi obat alami anti-histamin.

Histamin merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang memicu munculnya alergi pada kulit, melansir laman Klikdokter.

Stroberi

Buah lainnya yang kaya vitamin C adalah stroberi. Sama seperti jeruk, buah ini juga berperan sebagai anti-histamin.

Bawang Putih

Mirip dengan bawang merah, bawang putih juga memiliki kuersetin di dalamnya. Dengan begitu, bawang putih dapat meredakan gejala rinitis alergi dan hidung yang tersumbat terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Konsumsi Sayuran Hijau

Kubis

Konsumsi sayuran hijau seperti kubis dapat membantu meredakan peradangan karena alergi. Lebih lanjut, kubis juga dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat karena serbuk sari.

Kacang Panggang

Kacang panjang merupakan makanan yang kaya akan magnesium. Oleh karena itu, konsumsi kacang panjang dapat membantu melancarkan pernapasan kembali karena fungsi anti-histamin yang dimilikinya.

Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C yang dapat meredakan alergi. Ini membuat nanas berbeda dengan buah lain, sebab ia juga memiliki bromelain.

Bromelain adalah enzim yang berguna untuk mengurangi peradangan, seperti melansir Klikdokter. Bromelain sangat efektif untuk mengatasi iritasi karena rinitis alergi musiman.

4 dari 4 halaman

Penyebab dan Gejala Fisik Rinitis Alergi

Umumnya, rinitis alergi disebabkan oleh sistem imun yang menganggap alergen adalah senyawa berbahaya yang menyerang tubuh, seperti melansir WebMD.

Dengan begitu, sistem bereaksi dengan mengeluarkan histamin di dalam aliran darah. Hal ini kemudian dapat menyebabkan peradangan pada saluran hidung, sinus, dan kelopak mata.

Ketika menderita rinitis alergi, ada beberapa gejala fisik yang dapat ditimbulkan.

  1. Hidung pengap dan berair.
  2. Bersin-bersin.
  3. Batuk terus-menerus.
  4. Mata yang gatal dan berair.
  5. Hidung, tenggorokan, atau telinga yang gatal.
  6. Ingus atau air hidung yang menetes.
  7. Kantung mata berwarna gelap menuju hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.