Sukses

ICU RSUD Bandung Kiwari Kebakaran, Sebagian Pasien Dievakuasi ke RS Terdekat

Liputan6.com, Jakarta - Ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung Kiwari mengalami kebakaran pada Rabu, 1 Februari 2023 pagi. Ruang tersebut berada di lantai empat gedung rumah sakit. 

Akibat kebakaran itu, sejumlah pasien dirujuk ke rumah sakit terdekat, ujar Direktur Utama RSUD Bandung Kiwari Yorisa Sativa. Pasien yang dirujuk antara lain yang memerlukan alat bantu pernapasan.

"Untuk jumlah detail pasien (yang dievakuasi), kami masih mendata," ujar Yorisa di RSUD Bandung Kiwari, Kota Bandung, Jawa Barat, dilansir Antara.

Sebagian pasien lainnya ditangani di ruang IGD RSUD Bandung Kiwari. 

"Intinya pasien di lantai empat sudah tertangani di IGD karena pasien itu ada juga yang memerlukan bantuan pernapasan, karena awalnya sedang dirawat," tambahnya.

Saat kebakaran terjadi di ruang ICU RSUD Bandung Kiwari, pasien dievakuasi ke luar ruangan. Setelah api berhasil dipadamkan, sebagian pasien dibawa kembali ke dalam ruangan yang tidak terdampak kebakaran.

Sementara itu, ada sekitar 20 bayi baru lahir yang dirujuk ke rumah sakit lain agar bisa mendapat perawatan optimal .

Yorisa mengatakan, kini lantai empat gedung RSUD Bandung Kiwari dikosongkan sementara.

"Tapi lantai empat dikosongkan sementara. Sekarang ada beberapa pasien di IGD bisa di ke-atas-kan kembali atau dirujuk," ujarnya.

Petugas rumah sakit masih menyisir ruangan-ruangan dalam bangunan rumah sakit, khususnya yang berada di lantai empat. Hal itu, kata Yorisa, guna memastikan tidak ada pasien yang tertinggal di area tersebut pasca ruang ICU RSUD Bandung Kiwari kebakaran

 

2 dari 2 halaman

Kebakaran Terjadi pada Pagi Hari

Sebelumnya, Kepala DInas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan, kebakaran terjadi di ruang ICU RSUD Bandung pada pukul 07.00 WIB. Namun, petugas masih melakukan pemadaman hingga pukul 08.00 WIB.

Pasien yang berada di lantai lebih atas, menurut Gun Gun telah dievakuasi ke lantai paling bawah.

Untuk upaya pemadaman, Sumaryana mengatakan pihaknya menurunkan unit dari pusat karena menurutnya area yang mengalami kebakaran merupakan objek vital.

Kebakaran di Gedung RSUD Bandung Kiwari diduga disebabkan oleh mesin sterilisasi udara yang terlalu panas. Diketahui, rumah sakit tersebut juga pernah mengalami kebakaran pada April 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini