Sukses

Daftar Kontroversi Afi Nihaya, Mulai dari Plagiarisme hingga Diduga Punya Alter Ego

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa hari belakangan, nama Afi Nihaya Faradisa muncul kembali dalam pembahasan di media sosial.

Kabar itu bermula saat ada sebuah akun Twitter yang menginformasikan kondisi terkini cewek bernama lengkap Afi Nihaya Faradisa.

Kabar yang dibagikan itu memunculkan rasa simpati lantaran Afi Nihaya dikabarkan sakit kista rahim dan pra-kanker serviks. Afi, sebagaimana yang tertera di kabar yang beredar itu, mengaku dirawat di RSCM Jakarta.

Padahal sebelumnya, kabar terkait Afi Nihaya sudah menghilang sejak beberapa bulan lalu. Lalu, siapa sebenarnya Afi Nihaya?

Apa saja yang dilakukannya hingga jadi kontroversi? Merangkum dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

Siapa Afi Nihaya Faradisa, yang Sempat Bertemu Presiden Jokowi

Mulanya, Afi Nihaya viral dan disorot oleh publik lewat tulisannya di Facebook. Kala itu, dirinya masih berumur 18 tahun dan merupakan seorang siswi SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Salah satu tulisannya yang paling terkenal bertajuk Warisan. Menceritakan tentang nasionalisme, agama, dan indahnya saling menghormati perbedaan pada setiap ras, suku, dan kebangsaan yang ada.

Pujian membanjiri sosok Afi Nihaya karena di usia yang masih muda, pemikirannya begitu kritis dan tertuang dengan baik melalui tulisan. Ia sampai diundang menjadi pembicara dalam berbagai seminar.

Bahkan, Afi Nihaya sempat bertemu Presiden Jokowi dalam momentum Upacara Hari Lahir Pancasila beberapa tahun lalu.

Sayangnya, pujian untuk Afi Nihaya terhenti usai ketahuan melakukan plagiarisme. Tulisan itu merupakan hasil jiplakan karya orang lain dari sebuah buku. Penulis asli tulisan yang diunggah Afi Nihaya pun sempat angkat bicara.

Sejak saat itu, dia dijuluki Afi Nihaya Plagiat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menghilang Usai Diduga Punya Akun Alter Ego

Setelah melakukan plagiarisme, dirinya ramai lagi dibicarakan usai diduga memiliki akun alter ego di Twitter dengan username @NatNatalie___. Selama ini, Afi Nihaya memang tampil tertutup menggunakan hijab.

Namun, akun alter ego itu berkata lain. Di sana, orang yang diduga Afi Nihaya itu mengunggah foto dengan pakaian terbuka. Serta, akun itu terindikasi sebagai pekerja seks.

Afi Nihaya sempat memberikan klarifikasi soal akun alter ego tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa dia difitnah lewat akun Natalie. Bahkan, dia sempat mengancam yang menyebarkan akun itu untuk dibawa ke ranah publik.

"Sy sdh lama sekali tdk buka media sosial, baik Facebook (medsos utama sy, sudah tdk sy operasikan selama lbh dr 3 bln), Instagram, maupun Twitter krn fokus studi. Tiba2 ada kabar dr org terdekat saya, bhw sebuah akun dg username @aulrevoir menyebar fitnah sy merupakan Natalie," tulis Afi Nihaya dengan akun Twitter pribadi miliknya @Asa_Afi pada Sabtu, 17 September 2022.

3 dari 4 halaman

3. Berikan Klarifikasi Soal Akun Natalie

Dalam unggahan yang sama pada September 2022 itu, Afi Nihaya turut menjelaskan bahwa fitnah atas akun Natalie itu bisa berdampak serius pada kehidupannya.

"Tuduhan dan fitnah yang dilontarkan @aulrevoir terhadap saya bisa berdampak sangat serius terhadap banyak aspek kehidupan saya, mengingat Natalie adalah perempuan yang terindikasi sebagai pekerja seks dan berpose syur (jika dilihat dari akun Natalie yg baru saya stalk hari ini)," kata Afi Nihaya.

"Saya sangat terkejut. Atas kesalahan2 di masa lalu (plagiarisme status Facebook), memang ada banyak org yg tidak menyukai saya, bahkan membenci saya. Tp bully-lah saya atas apa yg sy lakukan... Jgn bully utk sesuatu yg bahkan saya tidak tahu-menahu sama sekali, apalagi lakukan," sambungnya.

Usai menegaskan bahwa apa yang menimpanya soal kasus Natalie merupakan fitnah, ada akun Twitter lain yang secara gamblang meyakini bahwa akun Natalie memang milik Afi Nihaya.

Salah satunya akun Twitter @seravineu, yang menjelaskan begitu banyak poin-poin yang menunjukkan kemiripan antara akun Natalie dan Afi Nihaya.

4 dari 4 halaman

4. Datang Kembali dengan Kabar Sedang Sakit

Kini, Afi Nihaya kembali datang memberikan kabar soal kondisi kesehatannya. Ia mengaku sedang sakit kista rahim dan prakanker serviks. Kabar tersebut diunggah oleh akun Twitter @kusumaaranii lewat sebuah tangkapan layar.

"Halo temen2 yang nanyain kondisi Afi Nihaya yang sempat menghilang bersama dengan viralnya kasus Afi Nihaya kemarin. Ini ya update kondisi Afi. Mari kita doakan yang terbaik buat dia," ujar Rani.

Dalam unggahan itu, Rani menyertakan tangkapan layar berisi pesan yang ada dalam grup WhatsApp 'Seminar I - II Kelas I'. Tak lama, Rani tiba-tiba memberikan kabar lanjutan.

"Halo temen2 lanjutannya di RSCM Jakarta. Aku udh ngutus temen aku ke situ buat bawa bunga + buah buat Afi. Niatannya baik untuk di jenguk gitu. Tapi eh ternyata temen aku bilang ga ada nama Asa Firda Inayah di rawat di RSCM Jakarta. Fix ini udh kebohongan keberapa kali dia," kata Rani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.