Sukses

Afi Nihaya Dikabarkan Sakit Kista Rahim dan Pre Kanker Serviks, Kontroversi Baru?

Kontroversi kembali dilakukan Afi Nihaya Faradisa dengan mengatakan tengah sakit kista rahim dan pre kanker serviks hingga dirawat di RSCM Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama menghilang, nama Afi Nihaya Faradisa kembali ramai dibicarakan publik. Sebab, wanita yang dulu viral lantaran tulisannya soal nasionalisme kini dikabarkan tengah sakit dan dirawat.

Kabar terkait kondisi Afi Nihaya Faradisa dibagikan akun Twitter @kusumaaranii. Mulanya, Rani menyampaikan bagaimana perkembangan kondisi Afi Nihaya lantaran dirinya mendapatkan kabar dari grup seminar dan skripsi.

"Halo temen2 yang nanyain kondisi Afi Nihaya yang sempat menghilang bersama dengan viralnya kasus Afi Nihaya kemarin. Ini ya update kondisi Afi. Mari kita doakan yang terbaik buat dia," ujar Rani mengutip unggahannya, Jumat (27/1/2023).

Dalam unggahan itu, Rani menyertakan tangkapan layar berisi pesan yang ada dalam grup WhatsApp 'Seminar I - II Kelas I'. Terlihat kontak dengan nama Afi mengirimkan foto dan pesan yang menjelaskan bahwa dirinya tengah dirawat.

Afi Nihaya Dirawat di RSCM karena kanker Serviks

"Mohon maaf bukan terkait skripsi. Saya lagi dirawat di RSCM Jakarta sekarang," ujar Afi Nihaya sambil melampirkan foto tangan yang terinfus.

"Saya sakit dobel-dobel. Salah satunya kista rahim dan pre kanker serviks," sambung Afi Nihaya dengan lanjutan foto hasil USG.

Usai unggahan milik Rani itu ramai, dirinya tiba-tiba memberikan kabar lanjutan. Menurut keterangannya, ternyata nama Afi Nihaya tidak ada dalam daftar pasien yang dirawat di RSCM Jakarta.

"Halo temen2 lanjutannya di RSCM Jakarta. Aku udh ngutus temen aku ke situ buat bawa bunga + buah buat Afi. Niatannya baik untuk di jenguk gitu. Tapi eh ternyata temen aku bilang ga ada nama Asa Firda Inayah di rawat di RSCM Jakarta. Fix ini udh kebohongan keberapa kali dia," kata Rani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghilang Usai Kontroversi Akun Natalie

Seperti diketahui, Afi Nihaya tiba-tiba menghilang usai kabar dirinya diduga memiliki akun alter ego berisi foto-foto vulgar. Akun Twitter itu diketahui memiliki username @NatNatalie___.

Afi Nihaya sempat memberikan klarifikasi soal akun alter ego tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa ia difitnah lewat akun Natalie. Bahkan, ia sempat mengancam yang menyebarkan akun itu untuk dibawa ke ranah publik.

"Sy sdh lama sekali tdk buka media sosial, baik Facebook (medsos utama sy, sudah tdk sy operasikan selama lbh dr 3 bln), Instagram, maupun Twitter krn fokus studi. Tiba2 ada kabar dr org terdekat saya, bhw sebuah akun dg username @aulrevoir menyebar fitnah sy merupakan Natalie," tulis Afi Nihaya dengan akun Twitter pribadi miliknya @Asa_Afi pada Sabtu, 17 September 2022.

"Tuduhan dan fitnah yang dilontarkan @aulrevoir terhadap saya bisa berdampak sangat serius terhadap banyak aspek kehidupan saya, mengingat Natalie adalah perempuan yang terindikasi sebagai pekerja seks dan berpose syur (jika dilihat dari akun Natalie yg baru saya stalk hari ini)," kata Afi Nihaya.

3 dari 4 halaman

Dirundung karena Plagiarisme dan Diduga Punya Akun Alter Ego

Seperti diketahui, nama Afi Nihaya memang banyak disanjung lantaran tulisannya tentang nasionalisme. Kala tulisan itu viral, Afi Nihaya masih berusia 18 tahun.

Bahkan, dirinya pernah bertemu dengan Presiden Jokowi dan diundang dalam berbagai seminar sebagai pembicara. Tak lama kemudian, ternyata terungkap bahwa tulisan Afi Nihaya merupakan plagiarisme dan penulis aslinya sudah angkat bicara.

"Saya sangat terkejut. Atas kesalahan2 di masa lalu (plagiarisme status Facebook), memang ada banyak org yg tidak menyukai saya, bahkan membenci saya. Tp bully-lah saya atas apa yg sy lakukan... Jgn bully utk sesuatu yg bahkan saya tidak tahu-menahu sama sekali, apalagi lakukan," kata Afi Nihaya.

Usai menegaskan bahwa apa yang menimpanya soal kasus Natalie merupakan fitnah, ada pula akun-akun Twitter lain yang secara gamblang meyakini bahwa akun Natalie memang milik Afi Nihaya. Salah satunya akun Twitter @seravineu.

Banyak poin-poin yang menunjukkan kemiripan antara Afi Nihaya. Mulai dari bentuk wajah di foto, aktif di komunitas skizofrenia, kuku dan jari yang sangat mirip dari foto unggahannya, hingga status vaksinasi COVID-19 keduanya yang berlangsung di bulan yang sama, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Fenomena Alter Ego dari Sisi Psikologis

Apa yang kini ramai dibicarakan tentang Afi Nihaya dikaitkan pula dengan fenomena alter ego.

Menurut American Psychological Association (APA), alter ego merupakan sebuah identitas atau karakter yang dibentuk secara sengaja dan sadar, namun berbeda dengan karakter sehari-hari yang orang tersebut tunjukan.

Mengutip laman Klikdokter, umumnya penyebab alter ego dibuat memang untuk mengatasi ketidakmampuan atau minimnya kesempatan seseorang dalam melakukan sesuatu yang mereka inginkan secara maksimal.

Dengan menciptakan karakter yang lebih ideal menurut orang yang bersangkutan, orang yang memiliki alter ego dinilai bisa membayangkan hidup di kondisi yang lebih baik.

Karakter itu sendiri terkadang digunakan untuk mengembangkan diri dan mencapai tujuan yang tidak bisa dijamah.

Namun terkadang, alter ego bisa berbahaya lantaran dapat digunakan untuk berperilaku negatif yang sebelumnya tidak berani dilakukan dengan identitas asli orang tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.