Sukses

Bikin Daya Tahan Tubuh Kuat, Ini Resep Jus Buah yang Wajib Anda Coba!

Campuran buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara yang bisa Anda lakukan saat penyakit menghampiri tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika tubuh sedang dalam kondisi tersebut, dibutuhkan dosis vitamin dan mineral yang sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain obat, terdapat sejumlah minuman sehat yang bisa mengurangi gejala penyakit dan membantu proses penyembuhan. 

Jus menjadi salah satu minuman yang bisa Anda konsumsi saat sedang sakit. Dilansir dari Healthline, berikut ini resep jus yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, vitamin C mengandung sifat antioksidan yang melindungi sel-sel Anda dari zat yang merusak tubuh.

Jika tubuh kekurangan vitamin C, hal itu dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tertunda, gangguan respon imun, dan ketidakmampuan untuk melawan infeksi dengan baik. 

Ketika Anda sedang menderita flu, asupan vitamin C yang besar dapat memulihkan penyakit tersebut lebih cepat. Anda bisa mengonsumsi jeruk sebanyak 2.000 miligram (mg) sehari.

3 dari 4 halaman

2. Apel Hijau, Wortel, dan Jeruk

Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi yang bagus untuk membantu menjaga kekebalan tubub Anda dan melawan infeksi. Apel dan jeruk memberi Anda vitamin C.

Selain itu, terdapat vitamin A pula yang penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Wortel juga memiliki sifat antioksidan beta karoten.

Tak ketinggalan pula, wortel mengandung vitamin B-6 yang berperan penting dalam proliferasi sel imun dan produksi antibodi.

3. Wortel, Jahe, dan Apel

Campuran wortel, jahe, dan apel dapat membantu sistem kekebalan Anda dan mengurangi gejala peradangan. Kondisi tersebut seringkali merupakan respons kekebalan terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri.

Selain itu, campuran minuman ini juga dapat mengatasi gejala flu, batuk, dan nyeri tubuh. Bahkan, orang yang menderita rheumatoid arthritis bisa mengonsumsi minuman ini, karena jahe memiliki efek anti-inflamasi.

4 dari 4 halaman

4. Tomat

Jus tomat juga dapat menjaga kekebalan tubuh Anda. Pasalnya, tomat kaya akan vitamin B-9, umumnya dikenal sebagai folat. Kandungan tersebut dapat menurunkan risiko infeksi.

5. Stroberi dan Mangga

Salah satu jus yang bisa Anda konsumsi jika ingin menjaga kekebalan tubuh adalah campuran stroberi dan mangga. Pasalnya, mangga mengandung vitamin E yang dapat menambah antioksidan ekstra untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Membuat jus, smoothie, dan minuman bernutrisi adalah salah satu cara yang lebih enak untuk tetap sehat. Akan tetapi, untuk menjaga kekebalan tubuh, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup, olahraga rutin, dan minum air putih.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini