Sukses

Selalu Kerja di Depan Laptop? Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Penggunaan laptop yang intens dan dalam jangka waktu lama bisa memicu terjadinya mata lelah dan berujung pada kerusakan mata.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi membuat banyak pekerjaan berhubungan dengan komputer dan laptop. Secara tidak langsung, aktivitas ini bisa memicu terjadinya mata lelah, yang berujung pada kerusakan mata.

Mata bisa terkena paparan cahaya yang begitu terang dari layar laptop dan minus kamu bisa bertambah juga. Tidak hanya itu, kedipan menjadi berkurang hingga setengahnya, bahkan bisa jadi lebih sedikit lagi. Kondisi ini memicu terjadinya mata perih, kering, panas, dan terasa gatal.

Agar tidak semakin parah dan menjaga mata tetap sehat, yuk rutin terapkan kebiasaan berikut ini.

1. Sesuaikan Pencahayaan

Cahaya yang dihasilkan laptop biasanya memiliki pengaturan default. Menyesuaikan cahaya laptop dengan cahaya ruangan dapat menjadi patokan bagi kamu yang bingung dalam mengatur seberapa tinggi kontras dan brightness yang dibutuhkan oleh mata.  

Cara ini dilakukan agar bisa menghindari efek negatif dari paparan radiasi layar laptop. Hindari menggunakan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi atau malah terlalu rendah, karena hal ini bisa membuat otot mata kamu bekerja keras. Atur kecerahan pada layar gadget sesuai dengan kenyamanan pada saat sedang menatap layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perhatikan Asupan Gizi Makanan

Pola makan menjadi salah satu hal penting yang bisa menunjang kesehatan mata. Pastikan kamu selalu mendapatkan asupan vitamin A yang tinggi dari wortel, kuning telur, pepaya, mangga, pisang, dan hati ayam. Kandungan beta-karoten yang tinggi dalam sumber makanan tersebut membantu menjaga kesehatan mata dari dalam.

Tidak hanya itu, mengurangi asupan junk food juga bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan mata. Untuk itu penting sekali mengkonsumsi vitamin A yang bisa kamu temukan di berbagai berbagai sayuran dan buah serta suplemen.

3. Berikan Jeda Waktu

Sering sekali saat melihat layar komputer dengan durasi waktu yang lama mengalami kejadian berupa mata tidak fokus dan sering kabur. Memberikan waktu jeda untuk mata kamu dapat membuat sel-sel pada mata berbenah sehingga mata bekerja secara optimal. Setiap 2 jam menatap layar komputer, luangkan waktu 10 menit untuk jeda.

Waktu 10 menit tersebut bisa kamu gunakan untuk melihat-lihat keadaan lingkungan sekitar kerja yang dianggap enak dipandang. Mengisi waktu jeda dengan berbincang bersama teman atau keluarga juga dapat merefleksikan mata sekaligus otak.

3 dari 4 halaman

4. Hindari Menggosok Mata

Menggosok mata merupakan tindakan refleks yang sering dilakukan banyak orang ketika ada benda asing seperti kotoran dan debu masuk ke dalam matanya. Sayangnya, cara ini bisa berbahaya untuk mata kamu. Mulai latih untuk tidak langsung menggosok mata ketika merasa tidak nyaman.

Dan biasakan untuk mencuci tangan sebelum menggosok mata. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi yang parah akibat gesekan kotoran mata dengan retina, serta menghindarkan mata dari penyakit akibat kuman dan bakteri.

 

4 dari 4 halaman

5. Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Perlu diingat, masalah mata bisa juga terjadi karena kebiasaannya, seperti membaca di tempat redup atau menghabiskan banyak waktu untuk menonton televisi dan bermain media sosial di gadget.

Sara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan meluangkan waktu sebulan atau 3 bulan sekali untuk jadwal rutin melakukan check up ke dokter spesialis mata. Cara ini ditujukan untuk melakukan konsultasi kepada pihak lain yang lebih paham terhadap mata kita. Selain itu juga kamu bisa mengerti seberapa sehat kondisi mata saat ini.

Itu tadi beberapa tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu lakukan. Ingat, jangan karena terlalu fokus mengerjakan tugas, kamu malah tidak mempedulikan kesehatan mata sendiri.

 

(*/Ayr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini