Sukses

Inilah 4 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Tak Sengaja Menelan Biji Pepaya

Liputan6.com, Jakarta Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang paling sering ditemukan di negara tropis, seperti Indonesia. Sangkin banyaknya, bahkan jenis buah ini bisa dijumpai di beberapa rumah miliki masyarakat. Tak hanya memiliki rasa yang manis, pepaya juga memiliki tekstur lembut yang cocok dimakan untuk para balita.

Bagi para penggemar buah pepaya atau sering memakannya, pasti ketelan 1 atau 2 butir bijinya menjadi sesuatu yang sangat dikhawatirkan. Ada yang takut kenapa-kenapa bila memakan biji tersebut. Namun, ada pula yang tak peduli dan tetap menikmati buah berwarna oranye ini. Menariknya, biji dari buah pepaya ini bisa banget ditelan dan bahkan memiliki kandungan gizi yang melimpah. Apa saja manfaatnya?

1. Pencernaan Jadi Lancar

Di dalam biji pepaya, terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui bahwa serat sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama sistem pencernaan. Semakin banyak makanan berserat yang dikonsumsi, maka semakin sehat pula organ pencernaan yang kamu miliki.

Selain itu, biji buah ini juga akan membantu melancarkan proses BAB, sehingga hal tersebut bisa sangat baik bagi penderita sembelit. Tak hanya itu, tak sengaja menelan biji pepaya mampu pula mencegah munculnya penyakit radang usus, mencegah luka usus, dan bahkan menyembuhkan gejala wasir.

2. Ginjal Berfungsi dengan Sempurna

Ginjal adalah salah satu organ manusia yang sangat penting. Bagian tubuh ini berfungsi untuk menyaring zat yang tak diperlukan lagi dan membuangnya lewat urin. Untuk itu, ginjal harus selalu dijaga agar tetap dalam kondisi yang sehat.

Hebatnya, biji pepaya memiliki potensi untuk melindungi dan meningkatkan kinerja dan kesehatan dari ginjal. Diketahui, bahwa seseorang yang mengkonsumsi ekstrak biji pepaya, memiliki kesempatan yang rendah dalam terkena penyakit ginjal. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam biji ini mampu menghambat kerusakan pada ginjal. Menarik, bukan?

3. Tingkat Kolesterol Menurun

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan bila sering mengkonsumsi biji pepaya adalah menurunkan kadar kolesterol yang ada pada seseorang. Biji buah ini sendiri memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, salah satunya asam oleat 

Menurut sejumlah penelitian, makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Bahkan, kolesterol yang ada bisa turun hingga 22%, lho. Tak heran jika suplemen yang mengandung ekstrak biji pepaya banyak diperjual belikan saat ini.

4. Terhindar dari Infeksi Jamur

Hal lainnya yang akan terjadi bila kamu tak sengaja menelan biji pepaya adalah tubuh jadi terhindar dari berbagai infeksi jamur. Selain kaya akan vitamin dan mineral, biji ini juga akan mencegah jamur yang ingin menginfeksi tubuh kamu. Hal ini karena, biji pepaya sendiri memiliki A. flavus, C. albicans, and P. citrinium yang ampuh dalam melawan jamur.

Namun, manfaat ini masih terus diteliti oleh sejumlah peneliti. Untuk seberapa manjurnya biji pepaya dalam menangkis jamur juga masih belum diketahui dan membutuhkan pembelajaran yang lebih. 

Itulah beberapa fungsi dari biji pepaya terhadap tubuh manusia. Sangat bikin untung dan sehat, bukan? Semoga bermanfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS