Sukses

Selebrasi Khusus Jack Grealish di Piala Dunia, Tepati Janji pada Fan Penyandang Cerebral Palsy

Liputan6.com, Jakarta - Jack Grealish berhasil mencetak gol untuk Inggris saat melawan Iran dalam laga perdana Grup B Piala Dunia 2022. Usai memasukan bola ke gawang, pria dengan nomor punggung 7 tersebut pun melakukan selebrasi khusus.

Ternyata selebrasi yang dilakukan Jack Grealish bukan sekadar untuk menunjukkan rasa bahagia. Selebrasi khusus itu dipersembahkan untuk penggemar Manchester City bernama Finlay, seorang bocah berusia 11 tahun dengan kondisi cerebral palsy.

Finlay diketahui menulis surat untuk Jack Grealish soal kecintaannya pada dunia sepak bola. Finlay menjelaskan bagaimana dirinya mengagumi Grealish karena begitu dekat dengan adik perempuannya Holly yang memiliki cerebral palsy.

Pada awal November, Grealish akhirnya memberikan kejutan pada Finlay dengan menemuinya secara khusus saat tengah berlatih sepak bola di lapangan. Di sana, Grealish berjanji bahwa ia akan melakukan selebrasi yang diinginkan oleh Finlay ketika mencetak gol di lapangan.

Janji tersebut terpenuhi. Saat mencetak gol keenam untuk Inggris dalam laga perdana Grup B Piala Dunia 2022 semalam, Grealish melakukan selebrasi seperti yang sudah dijanjikan pada Finlay.

Mengutip laman Dailymail.co.uk, Selasa (22/11/2022), Grealish dihujani dengan pujian setelah melakukan selebrasi itu. Banyak penggemar yang menyebut Grealish sebagai seorang legenda mutlak dan merupakan sosok yang dapat dipercaya untuk menepati janji.

Tak sedikit pula yang mengungkapkan bahwa mereka terharu melihat selebrasi yang diberikan Grealish hingga meneteskan air mata.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Surat Finlay untuk Jack Grealish

Surat yang dikirimkan oleh Finlay tampaknya begitu berkesan untuk Grealish. Dalam sebuah video, menampilkan cuplikan saat Grealish membaca surat dari anak berusia 11 tahun tersebut. 

"Untuk Jack, nama saya Finlay dan saya berusia 11 tahun. Saya penggemar berat Manchester City dan Inggris. Saya memiliki cerebral palsy dan saya melihat bahwa saudara perempuan Anda juga memiliki cerebral palsy," ujar Finlay dalam suratnya untuk Grealish.

"Saya suka cara Anda benar-benar berlaku baik pada saudara perempuan Anda, Anda benar-benar mengerti. Anda selalu bersamanya di sana dan Anda terlihat sangat bangga. Terutama ketika Anda memenangkan liga. Saya berharap ada lebih banyak orang di dunia yang seperti Anda, memperlakukan penyandang disabilitas sama seperti orang lain," sambungnya.

Finlay mengungkapkan bahwa dirinya merasa begitu bahagia ketika melihat pemain sepakbola terkenal yang tahu bagaimana rasanya hidup bersama individu dengan cerebral palsy. Pertemuannya dengan Grealish pun merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Saat ini, Finlay sendiri didukung oleh badan amal milik Manchester City dalam program One City Disability. 

3 dari 4 halaman

Kesulitan sebagai Penyandang Cerebral Palsy Saat Bermain Bola

Lebih lanjut dalam tulisannya Finlay menyebutkan kesulitan yang ditemui olehnya dalam bermain sepak bola. Mulai dari kesulitan menemukan sepatu sepak bola yang nyaman untuknya hingga gerakannya yang lebih lambat dari rekan-rekannya.

Meski begitu, Finlay mengaku bahwa dirinya mendapatkan dukungan dari sang ayah yang setiap hari Senin menemaninya berlatih sepak bola.

"Ayah saya sangat baik dan membawa saya ke Manchester City pada hari Senin untuk berlatih. Meskipun dia mendukung Manchester United. Dia bermain dengan saya di taman dan tidak pernah membiarkan saya menang. Suatu hari nanti, saya pasti akan menang," kata Finlay pada Grealish.

"Saya harap Anda bisa membaca surat ini. Anda adalah pahlawan saya dan kakak laki-laki terbaik untuk saudara perempuan Anda. Ini adalah mimpiku untuk bertemu denganmu dan memberimu tos karena aku tidak bisa berjabat tangan," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Hubungan Dekat Jack Grealish dengan Adiknya

Dalam kesempatan yang sama, Grealish membuka hubungan dekatnya dengan Holly yang mengalami cerebral palsy. Dalam surat balasan untuk Finlay, Grealish sempat mengungkapkan rasa sayangnya pada Holly.

"Saya sangat mencintainya. Saya sangat dekat dengan adik perempuan saya. Holly sekarang berusia 19 tahun, dia lahir prematur tiga bulan," kata Grealish.

"Mereka mengatakan bahwa dia tidak akan bisa berbicara, dia tidak akan bisa berjalan, dan melakukan banyak hal. Tapi di sinilah kita dan dia bisa melakukan segalanya," sambung Grealish.

Pada awal tahun 2022, Grealish ditunjuk sebagai duta utama untuk Special Olympics Great Britain sebagai bentuk dukungan inklusivitas yang besar di dunia olahraga.

Special Olympics Great Britain merupakan sebuah organisasi olahraga untuk anak-anak dan orang dewasa yang mengidap disabilitas. Organisasi satu ini beroperasi di Inggris, Skotlandia, dan Wales.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.