Sukses

Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga Selama Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Demi mencegah penyakit, menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting, khususnya ketika musim hujan tiba. Karena saat musim hujan tiba, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Itu disebabkan kelembaban udara saat musim hujan membuat bakteri dan virus lebih mudah menyebar.

Dari kondisi seperti itu, banyak penyakit yang mudah untuk menyerang tubuh kita ketika daya tahan tubuh melemah. Mulai dari pilek, flu, diare, hingga yang paling parah adalah demam berdarah.

Untuk itu, kita perlu menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Ketika sistem imunitas berfungsi secara normal, pendeteksian bakteri atau virus yang mengancam tubuh akan berjalan dengan baik dan tubuh kita akan tetap fit.

Nah, berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh di musim hujan yang bisa kamu lakukan dengan sederhana dan mudah ya!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

1. Jaga Konsumsi Makanan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Saat musim hujan tiba, kamu bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah seperti brokoli, wortel, bayam, kubis, apel, dan kiwi. Atau kamu bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak dan kacang-kacangan untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Kamu juga harus perhatikan kandungan serat, vitamin, dan mineral dari setiap makanan yang dikonsumsi ya. Dengan kamu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, akan meningkatkan sistem imun yang membuat tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit.

3 dari 5 halaman

2. Tetap Berolahraga

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan agar menjaga daya tahan tubuh adalah dengan tetap berolahraga. Ya, walaupun musim hujan, jangan lantas membuat kamu menjadi lesu dan hanya sekedar bermalas-malasan di tempat tidur!

Kamu bisa berolahraga walau hanya seharian di rumah lho. Kamu bisa melakukan push-up, sit-up, yoga, aerobik, dan berbagai aktivitas lainnya yang membuat tubuh tetap aktif bergerak. Dengan kamu masih berolahraga, kamu bisa mencegah peradangan dan penyakit kronis serta meningkatkan sel darah putih yang membantu tubuh dalam melawan penyakit yang kerap menyerang di musim hujan, seperti flu dan batuk.

4 dari 5 halaman

3. Jaga Pola Tidur

Fakta menunjukkan bahwa seseorang yang mengatur pola tidur setiap harinya yaitu dalam 8 jam sehari, akan menunjukkan resistensi yang lebih besar terhadap virus dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur.

Secara ilmiah, tubuh akan melepaskan hormon sitokin yang dapat membantu tubuh melawan virus dan bakteri dengan cara mengatur sistem daya tahan tubuh. Maka dari itu, menjaga kualitas tidur dengan tidur yang cukup sangat penting, khususnya saat musim hujan tiba.

5 dari 5 halaman

4. Konsumsi Vitamin dan Suplemen

Ketika kamu sudah menjalankan tiga langkah di atas, kamu bisa menjaga daya tahan tubuh agar semakin terjaga dengan mengkonsumsi vitamin, suplemen, atau minuman yang mengandung vitamin C dan vitamin D ya!

Di musim hujan, kamu perlu menambah asupan vitamin C karena itu merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan memperkuat daya tahan tubuh, salah satunya kamu bisa minum imboost force

Selain itu, kebutuhan vitamin D dalam tubuh juga harus tercukupi. Hal ini berfungsi untuk mencegah serangan berbagai gangguan kesehatan seperti penurunan kekebalan tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi obat flu dan batuk ketika kekebalan tubuh menurun ya.

Terakhir, jika kamu mengalami gangguan kulit saat musim hujan tiba, asupan suplemen untuk merawat kulit kamu agar tidak biduran atau gatal-gatal, kamu harus mengkonsumsi obat biduran ya. Eits, tapi kamu harus memilih obat itu yang berbahan dasar tradisional ya, supaya tidak ada efek samping yang berlebihan untuk tubuhmu. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.