Sukses

Ratu Elizabeth II Meninggal, Kisah Lama Pangeran Charles dan Camilla Terungkit Kembali

Kisah lama Pangeran Charles dan Camilla kembali disinggung di tengah kabar Ratu Elizabeth II Meninggal dunia.

Liputan6.com, London - The Royal Family baru saja kehilangan sosok pemimpin terlama Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022, waktu setempat. Usai menjabat selama lebih dari 70 tahun, kini tahta tersebut digantikan oleh putra sulungnya, Pangeran Charles III.

Pemimpin baru di Kerajaan Inggris tersebut pun akan segera dilantik pada hari ini, Jumat, 9 September 2022. Pangeran Charles III akan naik dan menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II yang telah meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia.

Di tengah kabar duka tersebut, kisah cinta antara Pangeran Charles dan istrinya saat ini, Camilla Parker Bowles, kembali diungkit. Banyak yang mulai membicarakan kembali kisah lama mereka yang terjalin sejak 1970-an.

Kisah cinta Pangeran Charles dan Camilla telah mengalami pasang surut yang panjang selama beberapa dekade. Hubungan percintaan Pangeran Charles dan Camilla pernah terhalang restu Sang Ratu.

Lalu, bagaimanakah perjalanan cinta Pangeran Charles dan Camilla? Menilik dari berbagai sumber, berikut rangkuman Health Liputan6.com pada Jumat, (9/9/2022).

Pertama Kali Bertemu pada 1970

Terdapat banyak sisi cerita terkait awal mula pertemuan Pangeran Charles dan Camilla. Mengutip laman Harpers Bazaar, Pangeran Charles dan Camilla bertemu pada sebuah pertandingan polo di Windsor Great Park pada 1970.

Setahun setelahnya, Pangeran Charles bergabung pada Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Saat itu hubungan percintaan Pangeran Charles dan Camilla diketahui sudah terbangun.

Namun, hubungan mendingin lantaran Pangeran Charles tengah menjalankan tugasnya sebagai Angkatan Laut Kerajaan. Sejak saat itu, hubungan Pangeran Charles dan Camilla dikabarkan kandas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1973 - Camilla Menikah dengan Pria Lain

Usai dikabarkan kandas dengan Pangeran Charles, Camilla kemudian diketahui menikah dengan Andrew Parker Bowles, seorang pria yang ditemuinya pada 1965.

Hubungan mereka juga sebelumnya kandas lantaran Andrew dikabarkan berselingkuh dengan seorang wanita bernama Putri Anne. Camilla dan Andrew kembali menjalin hubungan setelah Pangeran Charles pergi bertugas untuk Angkatan Laut.

Camilla dan Andrew menikah pada 1973. Mereka juga dikarunia dua anak bernama Laura Parker Bowles dan Tom Parker Bowles.

1977 - Pangeran Charles Bertemu Lady Diana

Uniknya, sebelum menjalin hubungan dengan Lady Diana, Pangeran Charles lebih dulu memacari saudara perempuan Lady Diana yakni Lady Sarah. Namun pada 1981, Pangeran Charles justru bertunangan dengan Lady Diana.

Usai beberapa tahun menikah, Putri Diana pernah mengungkapkan bahwa ia mencari keberadaan Camilla. Entah apa tujuannya kala itu, tapi Lady Diana sempat mengungkapkan pencarian Camilla pada publik.

"Saya tahu dia ada di sana, tentu saja. Saya mencarinya. Jadi saya berjalan menyusuri lorong, saya melihat Camilla, abu-abu pucat," ujar Lady Diana.

3 dari 4 halaman

1986 - Charles Ketahuan Selingkuh dengan Camilla

Setelah pasang surutnya hubungan Pangeran Charles dan Camilla, mereka diduga berselingkuh pada 1986. Keduanya masih berada dalam status menikah dan tengah membesarkan anak-anak mereka.

1993 - Percakapan Pribadi Pangeran Charles dan Camilla Bocor

Pada awal 1993, percakapan intim antara Camilla dan Pangeran Charles bocor. Dari sana, perselingkuhan mereka dibenarkan. Akibat terbongkarnya rekaman suara itu, pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana berada di ujung tanduk.

Hal ini diduga menjadi penyebab dari perceraian Pangeran Charles dan Lady Diana, dan juga perceraian Camilla dengan Andrew. Camilla mengajukan gugatan cerai pada Januari 1995.

Sementara Charles dan Diana menyelesaikan perceraian mereka pada Agustus 1996.

1994 - Pangeran Charles Sebut Camilla Teman Baik

Dalam sebuah film dokumenter, Pangeran Charles mengakui perselingkuhannya dengan Camilla dan menyebutnya sebagai teman baik. Bahkan, Pangeran Charles menyebut bahwa Camilla telah menjadi temannya untuk waktu yang sangat lama dan akan terus menjadi temannya dalam waktu yang sangat lama ke depannya.

4 dari 4 halaman

1998 - Pangeran Charles Kenalkan Camilla ke Anak

Dalam berbagai laporan, tahun 1998 menjadi awal mula perkenalan Camilla dengan anak-anak Pangeran Charles. Namun, tidak semua orang di keluarga kerajaan termasuk Ratu Elizabeth II menyetujui hubungan publik Charles dengan Camilla.

1999 - Pangeran Charles dan Camilla Muncul di Publik Sebagai Pasangan

Camilla dan Charles difoto bersama untuk pertama kalinya sebagai pasangan.

2000 - Ratu Elizabeth II Akhirnya Bertemu Camilla

Ratu Elizabeth II menolak bertemu Camilla untuk waktu yang lama, meskipun Charles serius dengannya. Akhirnya dalam sebuah acara, mereka dipertemukan dan momentum tersebut dianggap sebagai langkah besar.

2005 - Pangeran Charles Resmi Menikahi Camilla

Charles mengumumkan pertunangannya dengan Camilla pada Februari 2005, setelah tinggal bersamanya di Clarence House sejak 2003. Mereka akhirnya resmi menikah pada tanggal 9 April 2005.

Charles dan Camilla mengikat simpul dalam sebuah upacara sipil di Windsor Guildhall. Pada 2020, mereka pun merayakan ulang tahun pernikahan ke-15.

Lampu Hijau untuk Camilla Diberikan Ratu Elizabeth II

Beberapa bulan yang lalu atau tepatnya 5 Februari 2022, Kerajaan Inggris merilis pernyataan bahwa Ratu Elizabeth II menginginkan Camilla, Duchess of Cornwall, memiliki gelar Queen Consort atau Ratu Pendamping atau Permaisuri ketika Pangeran Charles menjadi Raja.

"Ini adalah dukungan dari atas, dan memang layak setelah bertahun-tahun Camilla setia dan kerja keras," kata komentator Kerajaan Inggris seperti diberitakan BBC.

Pangeran Charles menghargai keputusan Ratu Elizabeth dan menggambarkannya sebagai sebuah kehormatan mendalam bagi dia dan istri tersayangnya.

Sejak menikah dengan pewaris Kerajaan Inggris 17 tahun lalu, wanita 74 tahun tersebut disebut telah tumbuh menjadi seorang bangsawan senior.

Jalan menuju penerimaan publik terkadang berbatu, dan pada awalnya Camilla adalah sosok kontroversial yang disalahkan oleh beberapa orang atas berakhirnya pernikahan pertama pangeran dengan Putri Diana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.