Sukses

Berat Badan Sempat 135 Kg, Ricky Cuaca Ubah Pola Hidup hingga Bikin Pangling

Ricky Cuaca sempat sesak napas, kolesterol dan darah tinggi saat berat badannya menyentuh angka 135 kilogram.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin tak asing dengan sosok Ricky Cuaca, pria yang banyak mengisi layar kaca salah satunya lewat sinetron Ganteng-Ganteng Serigala. Ricky Cuaca kini tengah mencuri perhatian masyarakat lantaran penampilannya yang berubah drastis.

Perjalanan Ricky Cuaca untuk mengubah pola hidup pun telah lama dibagikan melalui media sosial pribadinya. Namun kini ia semakin disorot karena semakin membuat pangling.

"Kalau dibilang senior, gue seniornya orang gendut. Cuiii gw 30 tahun obesitas loh... Jangan pernah membohongi diri lo sendiri kalo 'gue happy kok gendut, gue pede'. Gue cuma mau bilang jangan perez," ujar Ricky Cuaca mengutip salah satu unggahan Instagram Story dalam akun @rickycuaca, Jumat (2/9/2022).

"Percaya atau gak, dibalik kepedean lo, lo pasti pernah menangis di dalam kamar di pojokan sambil liatin kaca. Jujur pas dulu gue 135 kilo, gw darah tinggi, kolesterol, napas suka sesek," tambahnya.

Ricky Cuaca mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan perubahan gaya hidup. Hal tersebut dipicu oleh ketakutannya terkait penyakit jantung, buah dari tubuhnya yang dahulu obesitas.

"Buat gw parno takut jantung dll. Alhasil gw ke dokter (ada budget). Dokter bilang masalahnya kegemukan. Jadinya kepikiran," kata Ricky Cuaca.

Menurut Ricky Cuaca, mengubah pola hidup untuk menurunkan berat badan tak seharusnya menjadi beban. Hal tersebut dikarenakan banyak orang menyerah saat diet karena hasil tak kunjung tiba.

"Timbangan gak turun2 padahal udah diet maximal, no," ujar Ricky Cuaca. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Turun Berat Badan ala Ricky Cuaca

Lebih lanjut Ricky Cuaca menegaskan bahwa gendut menurutnya tak berarti jelek. Mengingat masih banyak orang kurus yang tak selalu enak dilihat secara fisik.

"Gue mau bilang gendut bukan berarti jelek! Tapi memang gendut gak enak dilihat. Beda loh. Ada juga kok orang kurus tapi gak cakep. Banyak! Sebelumnya lo harus tau dulu.. Kenapa lo pengen kurus? Tujuan lo pengen kurus harus jelas," kata Ricky Cuaca.

Lalu, apakah tips untuk turunkan berat badan ala Ricky Cuaca? Berikut diantaranya.

1. Tanamkan Keyakinan Akan Berhasil

Menurut Ricky, tahapan awal yang harus diterapkan saat hendak mengubah pola hidup dengan menurunkan berat badan adalah menanamkan dalam diri bahwa Anda pasti bisa. Ia bahkan merekomendasikan untuk berkaca pada dirinya sendiri.

"Lo harus punya inspirator dan liat bukti nyata (Gak harus gue juga sih orang lain juga bisa lo jadiin inspirator)," ujar Ricky Cuaca.

"Buang kata2 'Gapapa gendut yang penting sehat'. Itu hanya pemikiran orang yang gagal sebelum berjuang. Belom nyoba udah nyerah. Inget, orang gendut juga banyak penyakitnya sendiri," pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

2. Mengubah Kebiasaan

Selanjutnya, Ricky Cuaca mengungkapkan bahwa menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan. Termasuk dalam hal sayang terhadap makanan.

"Pasti sering denger kalimat 'sayang deh makanannya dibuang. Mending diabisin'. Lo abisin trus lo naik sekilo. Lo lakuin tiap hari lo naik 5 kilo. Lo lakuin setahun lo naik 10 kilo dan seterusnya," kata Ricky Cuaca.

"Sekarang mindsetnya adalah sayang makanan sisa masuk ke mulut gue. Mendingan tuh makanan lo sisain buat kucing atau kasih satpam komplek ketimbang tuh makanan masuk perut lo," sambungnya.

Ricky Cuaca mengaku, saat zaman sekolah, ibunya selalu menyiapkan nasi goreng, bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, dan nasi uduk untuk sarapan.

"Hal itu membawa kebiasaan kalau sarapan harus makan itu. Coba kalau kita mulai maksain kebiasaan adalah sarapan ya roti cukup. Susu aja cukup atau singkong sebiji juga cukup," ujar Ricky Cuaca. 

4 dari 4 halaman

Jangan Jadikan Beban dan Mengkhianati Badan

Ricky Cuaca mengungkapkan bahwa dalam proses diet, kesabaran jadi hal yang penting. Apalagi saat diet, buru-buru untuk kurus seringkali tidak memiliki tujuan.

"Lo gak dituntut buat ikutan Asian Next Top Model tahun depan kan? Santai ajalah.. Nikmati prosesnya. Nikmati setiap bunyi kriuk2 di perut lo. Balik lagi semuanya adalah perjuangan," kata Ricky Cuaca.

Selanjutnya saat berat badan tak turun, Ricky Cuaca mengungkapkan bahwa hal tersebut pasti ada penyebabnya. Berat badan stuck tidak mungkin terjadi jika pola hidup yang dijalani sudah tepat.

"Ada yang bilang 'kok berat badan gw gak turun2 ya? Padahal udah kurangin makan'. Jawabannya: Bohong kalee. Badan gak mungkin berkhianat. Lo kurangin makan, tapi tidur siang dibanyakin kali, atau lo kurangin nasi tapi cemilan lo tambahin," ujar Ricky Cuaca.

Ricky Cuaca pun mewajarkan berat badan yang stuck jikalau sudah menjalankan pola hidup yang tepat. Menurutnya, penurunan berat badan akan sama seperti main game yang akan semakin sulit seiring bertambahnya waktu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.