Sukses

Profil Ayumi Putri Sasaki, Paskibraka Pembawa Baki saat Upacara Penurunan Bendera di Istana

Liputan6.com, Jakarta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas dalam upacara penurunan bendera merah putih di Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022 sore hari.

Kali ini yang bertugas sebagai pembawa baki bendera merah putih adalah sosok remaja dari Banyuwangi, Jawa Timur, bernama Ayumi Putri Sasaki.

Remaja yang karib disapa Ayumi ini berasal dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi. 

Dalam upacara penurunan bendera, Ayumi terlihat menjalankan tugasnya dengan baik sore ini. 

Ayumi, sebenarnya tak menyangka bisa menjadi paskibraka level nasional. Target awalnya hanya hingga level provinsi saja. Namun, siapa sangka ia malah menjadi paskibraka yang membawa baki di Istana Merdeka dalam upacara penurunan bendera.

"Ternyata, setelah seleksi tahap demi tahap dari level sekolah yang saya jalani, akhirnya membawa saya lolos jadi paskibraka nasional. Sungguh tidak menyangka, karena awalnya target cuman di provinsi," kata Ayumi beberapa waktu lalu.

Gadis bertinggi 169 cm ini sebenarnya tak pernah bertugas sebagai pasukan pengibar bendera. Namun, ia merasa tertantang saat mendapat info tentang seleksi paskibraka. Ternyata, seleksi paskibraka yang diikuti ini sangatlah ketat.

Selain tes akademik, ketahanan ketahanan tubuh juga menjadi penilaian utama untuk bisa lolos menjadi paskibraka ini.

"Saya bersyukur karena selama di sekolah taruna ini fisik saya juga tertempa. Sehingga ini menjadi bekal kemarin," ungkapnya mengutip Regional Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Pancasila Sakti

Bersama Ayumi, Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera pada sore hari ini adalah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara.

Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten. Kemudian, Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo. Saat ini, Agni Prayogo menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Lalu, sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo, S.I.K. Dia saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.

Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta seperti mengutip keterangan dari Sekretariat Presiden.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini