Sukses

Mulai Masuk SD, Jan Ethes Ungkap Cita-Cita Jadi Presiden

Liputan6.com, Jakarta Jan Ethes Srinarendra mulai masuk Sekolah Dasar (SD). Cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini kini resmi menjadi siswa di Focus Independent School Solo.

Meski baru duduk di kelas 1 SD, Jan Ethes sudah pintar berbincang dengan wartawan. Hal ini terlihat dari unggahan sang kakek di Instagram.

Dalam video berdurasi empat menit, Jan Ethes ditanya cita-citanya oleh wartawan. Tanpa berpikir panjang, dia pun mantap menjawab ingin menjadi seorang presiden layaknya sang kakek.

“Mau jadi presiden kayak Mbah,” ujar bocah yang gemar olahraga taekwondo itu.

Tak disangka-sangka, bocah kelahiran 10 Maret 2016 ini juga hafal nama-nama presiden di negara lain.

“Rusia Putin, Presiden Amerika (Serikat) Biden, China Xi Jinping,” katanya.

Pengetahuan tentang nama-nama presiden di negara lain ia peroleh dari kakeknya yang juga suka mengajarkan berbagai hal.

“Dikasih tahu Mbah dan jadi tahu, suka belajar apa saja.”

Tanpa malu-malu, Jan pun menceritakan persiapannya menjelang sekolah. Menurutnya, segala persiapan telah rampung dan ia siap bersekolah.

“Semuanya udah disiapin, buku udah, tasnya item, (pelajaran yang disukai) semuanya.”

Ia pun ditanya apakah sang kakek suka mengajarkannya olahraga. Ia pun menjawab bahwa sang kakek yang ia panggil “Mbah Owi” suka mengajarkannya lari.

“Kayaknya besok olahraganya lari, suka lari di ruas jalan kalau enggak ada motor dan mobilnya, suka naik sepeda juga, kalau itu waktu itu di Jogja, sepi enak,” ujar cucu pertama Jokowi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dekat Dengan Mbah Owi

Kedekatan Jan Ethes dengan sang kakek memang acap kali terlihat. Yang paling anyar, putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda ini diajak berjalan santai di Kota Solo.

“Berjalan santai menikmati suasana hari bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, bersama Jan Ethes Srinarendra, pagi ini. Salam sehat dan selamat berakhir pekan semuanya,” mengutip Instagram Jokowi, Minggu (7/8/2022).

Jalan santai pun dilakukan bersama sang nenek, Iriana Jokowi dan diiringi banyak masyarakat yang antusias melihat kedatangan Jokowi.

Tak hanya itu, sejumlah masyarakat juga meminta untuk berfoto bersama dengan Jokowi dan cucu laki-lakinya tersebut. Dalam kesempatan tersebut, tampak pula hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Selain berjalan-jalan, jan pun bercerita bahwa dirinya suka berenang di rumah Mbahnya, bersepeda bersama, dan belajar bersama.

Sebelum viral lantaran cita-citanya ingin menjadi presiden. Sebelumnya Jan Ethes sempat menarik perhatian masyarakat lantaran ia berhasil menang dalam kejuaraan taekwondo.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dapat Medali Emas

Jan Ethes berhasil meraih medali emas atas usahanya mengalahkan lawan di pertandingan taekwondo tahun lalu.

Jan Ethes menjadi salah satu dari 248 peserta yang bertanding di kejuaraan taekwondo kelas kyorugi pemula dalam ajang SKB Solo Sensation 2021. Ia datang dengan dobok atau seragam taekwondo lengkap dengan sabuk putih melingkari pinggangnya.

Pertandingan yang diikuti Jan Ethes ini berlangsung di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta pada Minggu (14/11/2021) mengutip Lifestyle Liputan6.com.

Dari beberapa video unggahan, Jan terlihat semangat dalam bertanding. Di usianya yang masih sangat muda saat itu, yakni 5 tahun, ia terlihat kuat saat menendang dan bertahan dari tendangan lawannya.

Melansir Webmd, taekwondo sendiri termasuk seni bela diri yang merupakan tradisi pertempuran kuno untuk pertahanan diri, kompetisi, pengembangan fisik, mental, dan spiritual.

Seni bela diri ini dimulai lebih dari 3.000 tahun yang lalu di Sri Lanka, secara bertahap menyebar ke Cina, India, Korea, Barat, dan Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Seni Bela Diri

Secara umum, seni bela diri termasuk taekwondo menawarkan kesempatan untuk tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental.

Beberapa manfaat dari seni bela diri yang bisa didapatkan anak maupun dewasa yakni:

Pelepas Stres

Seni bela diri dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan mendorong untuk berlatih pernapasan dalam, meditasi, dan perhatian penuh. Ini membantu melatih pikiran untuk menjaga perhatian tetap fokus sambil tetap tenang dan waspada.

“Ini bisa sangat membantu ketika Anda mencoba melakukan banyak tugas yang membagi perhatian Anda,” mengutip webmd.com, Senin (15/11/2021).

Ketenangan

Orang yang berlatih seni bela diri sering merasakan ketenangan, kepercayaan diri, dan kedamaian baru terkait siapa mereka dan tujuan hidup mereka.

Dorongan Percaya Diri

Berlatih seni bela diri juga dapat mendorong produksi endorfin yang mengangkat suasana hati.

“Dan saat Anda menguasai keahliannya, Anda mungkin juga akan mendapatkan dorongan kepercayaan diri.”

Ini adalah cara yang bagus untuk menyalurkan dan mengarahkan energi ke arah positif yang dapat dibangun dari waktu ke waktu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS