Sukses

Smart Book ala Peserta KKN Universitas Hasanudin, Dorong Minat Baca Murid SD

Liputan6.com, Barru - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Smart Village Barru Gelombang 108 - Universitas Hasanudin (Unhas), Posko Kelurahan Tanete memilih program kerja yang berfokus pada minat baca anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Program kerja dari kelompok ini bertemakan Peningkatan Literasi dan Minat Baca Melalui Smart Technology : Smart Book For Smart Student, dengan sasaran murid-murid di SD Inpres 27 Soreang

"Kegiatan ini kami sosialisasikan kepada anak SD terkait apa yang menjadi isi dari smart book tersebut dan sesuai program studi kami masing-masing," kata Ketua Kelompok Posko Lurahan Ternate, Ahmad Syaifullah Said saat berbincang dengan Health Liputan6.com pada Selasa, 2 Agustus 2022.

Dijelaskan mahasiswa yang pernah bertugas sebagai Paskibraka Nasional 2016 bahwa program kerja dari tema KKN yaitu smart village sebisa mungkin berbasis teknologi.

Syaifullah, megatakan, saat timnya berdiskusi tentang perencanaan program kerja, mereka sepakat untuk membuat buku pintar berupa majalah kreatif yang akan diluncurkan dalam bentuk buku elektronik atau e-book.

"Hal ini karena hasil observasi kami kepada anak-anak SD di sini yang masih minim dalam budaya membaca apalagi buku fisik," katanya.

"Untuk itu kami mencoba membuat e-book ini dengan sekreatif mungkin dengan harapan tujuannya tercapai," Syaifullah menambahkan.

Dalam waktu dekat, mereka akan melakukan kegiatan berkelanjutan dari smart book yang mereka gagas, yaitu peluncuran dan penyerahan berupa majalah kepada pihak bersangkutan.

"Kami juga mengunggah smart book tersebut di platform ISSUU sebagai literasi tekhnologi berupa majalah kreatif," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Terkait dengan Smart Book

Untuk kegiatan nyata terhadap program ini yaitu penyampaian isi smart book kepada SD Inpres 27 Desa Soreang, Syaifullah, mengatakan, dilakukan langsung di sekolah dan memberikan beberapa kuesioner berupa pre-test dan post-test guna melihat peningkatan pengetahuan sebelum dan setelah diberikan sosialisasi tentang isi buku pintar tersebut.

"Selain itu, untuk proses pembuatannya, dilakukan pemilihan font, warna, gambar, cover smart book dengan sekreatif mungkin," katanya.

Saat melakukan sosialisasi isi buku, lanjut dia, kelompoknya memberikan beberapa pertanyaan seputar isi buku tersebut kemudian siswa atau siswi yang paling cepat dan tepat menjawab, mendapat hadiah dan di akhir sosialisasi semua murid diberikan bingkisan.

"Sosialisasi berlangsung santai sehingga sasaran bebas bertanya dan berpendapat dengan bebas. Selain itu kami juga menunjukkan rancangan smart book tersebut sehingga sasaran penasaran dengan isi buku," ujarnya.

"Kalau isinya masih dalam tahap pengeditan, Kak," dia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Kegiatan Lainnya

Selain itu, Syaifullah dan timnya juga melakukan sosialisasi literasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang juga merupakan salah satu program KKNT Smart Village Gelombang 108 dengan sasaran masyarakat umum di Kbupaten Barru.

Tak hanya itu, kegiatan pengabdian yang mereka lakukan di beberapa wilayah di Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau di antaranya aksi bersih pantai di lingkungan Juppai, membersihkan masjid di lingkungan Mate'ne, dan juga bergotong royong di lingkungan Bottoe.

"Dari kegiatan tersebut kami mengajak masyarakat setempat untuk turut menjaga lingkungan yang berada dari kelurahan Tanete," katanya.

"Alhamdulillah kami sangat senang berkegiatan KKN di Lurah Tanete," Syaifullah menambahkan.