Sukses

Kasus Aktif COVID-19 di Pekan Pertama Maret Konsisten Menunjukkan Tren Penurunan

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan bahwa kasus aktif harian COVID-19 konsisten menunjukkan penurunan sejak 1 hingga 6 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan bahwa kasus aktif harian COVID-19 konsisten menunjukkan penurunan sejak 1 hingga 6 Maret 2022.

Berkat penurunan tersebut, kini angkanya sudah di bawah 500.000 kasus aktif per hari. Sejak Selasa (1/3) kasus aktif menyentuh angka 568.276 dan pada 6 Maret angkanya menjadi 475.951.

Tren penurunan kasus aktif diikuti angka kesembuhan yang juga konsisten meningkat. Jumlah pasien yang sembuh per 6 Maret mencapai 49.080 orang, naik dibandingkan sehari sebelumnya yakni 46.669.

Kasus konfirmasi juga turun ke 24.867, lebih rendah dari sebelumnya yang sempat menyentuh angka 30.156.

“Minggu pertama di bulan Maret ini, ketahanan kesehatan nasional di tengah pandemi secara konsisten menunjukkan tren perbaikan. Ini didorong oleh kasus aktif yang mulai turun sejak awal Maret dan angka kesembuhan yang terus naik setiap harinya,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes mengutip keterangan pers Senin (7/3/2022).

“Mudah-mudahan tren ini dapat terus kita jaga sehingga kita dapat melewati pandemi ini bersama-sama,” tambahnya.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angka Perawatan Terkendali

Selain angka kasus aktif dan kesembuhan yang menunjukkan tren positif, angka perawatan pasien juga masih terus terkendali.

Keterisian tempat tidur isolasi dan intensif untuk perawatan COVID-19 pada 6 Maret 2022 mencapai 29 persen dari total kapasitas nasional, turun dari posisi 31 persen dari hari sebelumnya.

Begitu pula dengan aktivitas tes spesimen yang diupayakan tetap di level 400.150 pada 5 Maret. Angka tersebut naik dari jumlah tes sebelumnya yang sempat di level 341.631 pada 4 Maret.

3 dari 4 halaman

Komitmen Pemerintah

Menurut Nadia, pemerintah berkomitmen mempertahankan fasilitas pelayanan kesehatan nasional dan mempersempit ruang penyebaran virus melalui testing, tracing, dan treatment demi mengontrol pandemi.

“Kolaborasi masyarakat diharapkan bisa terwujud melalui kesediaannya untuk testing, tracing, memperketat protokol kesehatan, dan mempertahankan diri lewat vaksinasi lengkap maupun booster,” kata Nadia.

Vaksinasi sebagai salah satu upaya pemerintah juga telah diperluas cakupannya dan dipercepat penyelenggaraannya melalui beberapa skenario kebijakan terbaru. Vaksinasi lengkap dan booster mampu mengurangi dampak bergejala berat hingga risiko meninggal akibat COVID-19.

Lanjut usia (lansia), orang dengan komorbid, hingga anak-anak menjadi yang paling rentan dan paling perlu pertahanan dari COVID-19 dengan melengkapi vaksinasinya dan melakukan vaksinasi booster, tutup Nadia.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.