Sukses

5 Pesan untuk Semangati Sahabat yang Sedang Bersedih

Liputan6.com, Jakarta - Menghibur teman atau sahabat yang tertekan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari memeluk mereka dengan penuh kasih, membelikan mereka makanan favorit, hingga mengirimi mereka pesan yang menyentuh hati.

Namun, kita tidak bisa berada di sisi sahabat kita sepanjang waktu. Mengirimi dia pesan yang tepat dapat membantu Anda mendukung walau tidak dapat bersama secara langsung.

Berikut tujuh pesan untuk dikirim ke seseorang yang mengalami hari buruk menurut pakar persahabatan Kat Vellos, dikutip dari Bustle.

2 dari 7 halaman

1.

Menawarkan untuk berbicara di telepon dapat menjadi cara yang bagus untuk mendukung seseorang dari kejauhan.  Seperti yang dikatakan Vellos, pesan yang  “pendek, manis, [dan] mendukung.”

Meskipun teman Anda mungkin ingin beberapa waktu untuk menenangkan diri, memberi tahu mereka bahwa Anda ada di sana untuk mengobrol secara real-time selalu merupakan isyarat yang baik — bersiaplah untuk memberi mereka perhatian penuh selama mereka membutuhkan Anda.

Tergantung pada situasi dan preferensi teman Anda, ingatlah juga metode komunikasi Anda.

“Jika seseorang dalam keadaan yang benar-benar buruk, mencoba menjawab 'Bagaimana kabarmu?' melalui pesan teks bisa terasa mustahil, karena jawaban lengkapnya akan menjadi perjuangan untuk masuk ke dalam sesuatu yang panjangnya SMS, dan memotong kebenaran Anda bisa terasa seperti tindakan penghapusan diri, ”kata Vellos.

Dalam beberapa kasus, menawarkan panggilan atau video call jauh lebih cocok.

3 dari 7 halaman

2.

Pertanyaan seperti "Bagaimana perasaan Anda?" terkadang sulit untuk dijawab, jelas Vellos.

“Norma budaya menentukan bahwa satu, singkat, jawaban positif diharapkan, seperti 'baik', 'baik,' atau 'OK,'” katanya.

Alih-alih menanyakan pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda membantu teman atau orang yang Anda sayangi mengakui perasaan mereka, dan memvalidasi bahwa hari mereka sulit. Ini akan memberi ruang dan membuat mereka merasa dilihat, juga didengar.

4 dari 7 halaman

3.

“Senang mengetahui bahwa orang lain memikirkan dan peduli, dan bahwa Anda tersedia untuk mereka tanpa tekanan apa pun,” kata Vellos. 

Saat seseorang mengalami hari yang buruk, memberi tahu mereka bahwa Anda memikirkannya dapat membantu mereka merasa tidak sendirian. Ingatkan mereka bahwa Anda peduli dengan mereka dan bahwa Anda siap membantu jika mereka mau.

“Namun, jika teman Anda merasa sangat sedih, pertimbangkan untuk tidak menggunakan tanda seru dan tutup dengan emoji hati,” tambahnya. 

Anda paling tahu teman Anda dan situasinya, jadi pastikan untuk menyampaikan emosi yang paling pas bahkan melalui teks.

5 dari 7 halaman

4.

Sementara beberapa orang suka memproses perasaan mereka secara verbal, yang lain mungkin tidak ingin mengobrol — atau setidaknya belum.

Menanyakan apakah seseorang ingin berbicara lebih banyak tentang hari buruk mereka memungkinkan mereka untuk mengarahkan percakapan dan memutuskan seberapa banyak yang ingin mereka bagikan.

“Pertanyaan terbuka seperti— di mana ya, tidak, atau 'mungkin tapi tidak sekarang' — adalah emas,” kata Vellos.

“Pastikan untuk menyampaikan penerimaan terlepas dari jawaban teman Anda. Tidak ada jawaban yang salah untuk pertanyaan seperti ini, dan penting bagi seseorang untuk diyakinkan tentang hal itu.”

 

6 dari 7 halaman

5. 

Mengekspresikan bahwa tidak ada terburu-buru untuk menyelesaikan segala sesuatu mengingatkan mereka bahwa tidak apa-apa hanya untuk bernapas dan merasakan perasaan mereka.

 “Ini mengingatkan saya pada salah satu pengingat paling bermanfaat yang pernah diberikan terapis saya, yaitu, 'Anda tidak perlu melakukan apa pun tentang ini sekarang,'” kata Vellos. 

“Mengingatkan seseorang bahwa tidak perlu merasakan urgensi adalah cara yang sangat mendukung untuk menghilangkan rasa tertekan yang mungkin mereka bawa.”

Hal terpenting yang perlu diingat ketika berbicara tentang apa yang harus dikatakan kepada seseorang yang mengalami hari yang buruk adalah memikirkan apa yang paling disukai orang tersebut.

Ada banyak cara untuk menawarkan dukungan Anda, jadi menyesuaikan respons Anda dengan kepribadian dan emosi sahabat Anda adalah cara terbaik untuk mengirimkan cinta Anda.

Reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19