Sukses

5 Cara Simple Untuk Lindungi Kesehatan Mata dari Paparan Polusi Udara

Begini 5 Cara simple untuk menjaga kesehatan mata dari paparan polusi udara!

Liputan6.com, Jakarta Mata merupakan bagian penting dari kesehatan kita semua. Panca indera tersebut diandalkan untuk melihat dan memahami dunia sekitar kita. Jadi ketika kesehatan mata kita terganggu, tentunya akan berdampak pada keseluruhan aktivitas kita juga.

Ada beberapa potensi penyebab terjadinya sakit mata, mulai dari masuknya partikel debu setelah kegiatan pulang pergi bekerja hingga galukoma. Menghindari paparan polusi berlebih bisa menjadi salah atau cara efektif guna menjaga kesehatan mata.

Beberapa kasus sakit mata memerlukan bantuan perawatan dokter untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian area mata. Oleh karena itu, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, maka penting untuk memperhatikan beberapa hal demi menjaga kesehatan mata.

Terdapat sejumlah pencegahan yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Dilansir merdeka.com, Selasa (02/11/2021), berikut sejumlah cara untuk melindungi kesehatan mata dari polusi udara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Hubungan ini akan berdampak pada cara kerja air mata yang akan berfungsi secara optimal jika tubuh memiliki kadar air yang cukup. Air mata berfungsi untuk menjaga agar partikel kotoran tidak menempel, selain itu kesehatan tubuh juga akan terjamin jika asupan air sudah cukup.

2. Sering Berkedip

Cara sederhana ini ternyata juga bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan mata. Ketika berkedip, air mata khusus yang melindungi mata akan terbentuk, melembabkan, serta menghalau polutan yang hendak menempel ke area mata.

3 dari 4 halaman

3. Pilih Jenis Makanan yang Baik

Sangat Penting untuk memperhatikan jenis makanan untuk mata. Asupan yang harus dikonsumsi sebaiknya mengandung Vitamin A, asam lemak Omega-3, sayuran hijau, dan buah. Sejumlah makanan itu memiliki manfaat yang sangat baik untuk mata.

4. Kurangi Waktu di Depan Layar

Jika kamu seorang pelajar atau pekerja kantoran pastinya sudah sangat sering berdiam diri dengan jangka waktu lama di depan layar. Usahakan untuk tetap batasi diri dari depan layar karena dapat memberburuk kondisi mata yang mengalami masalah akibat polusi. Cobalah untuk istirahatkan mata secara cukup, untuk mencegah masalah lainnya yang dapat terjadi pada mata anda.

5. Jaga Kebersihan Mata

Hindari penggunaan riasan mata yang terlalu berlebihan atau lensa kontak, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi kebersihan mata. Sering mencuci tangan dan wajah saat memasuki rumah agar mata tetap steril dan tak mengalami masalah lebih lanjut.

Penulis : Azarine Natazia

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Cara Jaga Kesehatan Mata Era Daring Selama Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini