Sukses

Enggan Terjebak dalam Hubungan Tanpa Status? Ini Cara Tegas Buat Si Dia Jadi Jelas

Apabila Anda enggan terjebak dalam hubungan tanpa status, itulah saatnya untuk mencari tahu kemana hubungan tersebut berlaju.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menjalani sebuah hubungan tanpa status (HTS) bukanlah suatu masalah. Namun apabila Anda merasa resah dengan ranah hubungan yang tak kunjung jelas dan enggan terjebak didalamnya, itulah saatnya untuk mencari tahu kemana hubungan tersebut berlaju.

"HTS merupakan situasi di mana Anda dan dirinya berada dalam hubungan yang tidak jelas dan tidak ada komitmen didalamnya," ujar pakar hubungan Damona Hoffman dikutip Bustle pada Rabu, (6/10/21).

Damona menjelaskan, dalam hubungan tanpa status, Anda tidak memiliki jawaban mengenai status hubungan yang jelas. Meskipun kalian mungkin memiliki perasaan yang lebih dari sekadar teman.

Pakar hubungan sekaligus penulis buku Susan Winter mengungkapkan bahwa sebuah hubungan selalu memiliki kemampuan atau potensi untuk berkembang melampaui titik awal.

Artinya, HTS pun memiliki kemungkinan untuk berubah menjadi relationship atau hubungan yang sah dengan status berpacaran.

"Apakah itu terjadi atau tidak, itu tergantung pada mentalitas, disposisi, dan keinginan individu-individu yang terlibat. Terlalu banyak ambiguitas itu dapat menyebabkan sakit hati,” ujar Susan.

Jika Anda sudah menghabiskan banyak waktu dengan seseorang dan mulai memiliki perasaan yang lebih dalam untuknya, maka mendambakan hubungan dengan komitmen yang jelas merupakan hal yang wajar.

"Masalahnya saat ini banyak sekali orang yang berkencan, namun mereka merasa terjebak. Tidak cukup banyak orang yang mau mengungkapkan apa yang sebenarnya mereka inginkan karena takut ditolak,"

"Padahal jika Anda melihat sinyal bahwa ia menginginkan hubungan yang lebih dari sekadar teman, itulah saatnya bahwa harus ada yang mengungkapkan perasaan," ujar Damona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai beranikan diri untuk jujur

Meskipun Anda mungkin salah satu orang yang tidak suka konfrontasi atau gugup saat menyatakan sesuatu, memulai percakapan untuk memperjelas hubungan pun mungkin akan terasa menakutkan. Namun sebenarnya, itulah satu-satunya cara.

"Memulai percakapan ini adalah satu-satunya cara untuk mengubah HTS menjadi hubungan yang nyata,"

"Anda dapat memulainya dengan kalimat sederhana seperti Anda senang menghabiskan waktu dengannya, Anda juga sudah tidak lagi mencari wanita atau lelaki lain di aplikasi kencan," ujar Damona.

Setelah mengungkapkan hal tersebut, Anda bisa menunggu dan meluangkan waktu sejenak untuk membiarkan si dia memproses hal tersebut. Berikan dirinya waktu untuk memutuskan tanggapan apa yang akan diberikan. Hal tersebut dinilai dapat membantunya untuk merasa lebih nyaman.

"Meskipun Anda mungkin menunggu saat yang tepat dan ungkapan yang lebih sempurna untuk mendefinisikan hubungan tersebut, jujurlah secepatnya disaat yang memang memungkinkan," pelatih kencan dan hubungan, Clara Artschwager.

Menurut Susan, menunggu waktu yang benar-benar tepat setelah memberikan sinyal atau kode lewat kalimat sederhana yang sudah disampaikan tadi akan menghindari miskomunikasi.

Dalam proses ini, Anda pun tidak perlu berpura-pura dingin atau cuek padanya.

3 dari 4 halaman

Respons tak kunjung datang, harus apa?

Apabila waktu yang tepat tak kunjung datang dan dirinya tidak memberikan respons lebih atas apa yang sudah Anda ungkapkan, maka penting untuk mengambil langkah dengan lebih tegas.

"Seringkali kita tetap bertahan karena kita pikir kita dapat mengubah pikiran orang lain. Banyak yang berpikir, mungkin jika ia lebih mengenal saya, atau lebih sering berhubungan dengan saya, perasaannya akan berubah," ujar Clara.

Hal tersebut memang berpotensi terjadi, namun apabila dirinya tetap santai sedangkan Anda sudah menyatakan perasaan dengan serius, maka pahamilah bahwa tetap menjadi teman biasa atau berada dalam hubungan tanpa status mungkin jalan terbaik.

"Setiap keputusan dalam hubungan yang kita buat bergantung pada bagaimana perasaan kita tentang diri kita sendiri dalam ruang dan waktu tertentu,"

"Tetapi jika Anda mencari komitmen dalam hubungan jangka panjang, Anda pantas mendapatkan seseorang yang sesuai dengan keinginan Anda," ujar Susan dan Damona.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.