Sukses

Terapkan 3 Hal Ini Jika Anda Memiliki Pasangan dengan Trust Issue

Kepercayaan jadi hal yang penting dan harus dipertahankan dalam sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pasangan dengan trust issue bukanlah suatu hal yang mudah. Namun bukan juga berarti Anda tidak bisa memiliki hubungan yang sehat dengannya. 

Kepercayaan memang jadi hal yang penting dan harus dipertahankan dalam sebuah hubungan. Sehingga penting untuk memiliki dan membangunnya antar satu sama lain.

"Ketika pasangan tidak mudah percaya pada Anda, bahkan pada orang lain, hubungan bisa jadi sangat menantang. Tetapi, Anda tidak sendirian karena ini sangat sering terjadi dalam sebuah hubungan," ujar konselor hubungan Kara Hicks dikutip Bustle.

Tahap pertama yang harus dipahami ialah trust issue dapat dipicu oleh banyak hal. Seringkali, pengalaman masa kecil (inner child) yang kurang baik jadi akar dari ketidakmampuan seseorang untuk memiliki kepercayaan pada orang lain.

Terlebih, jika pasangan bertumbuh dalam keluarga yang kerap tidak menepati janji atau ucapan, hal tersebut berpotensi memberikan dampak pada relasinya dengan orang lain, termasuk dalam hubungan percintaan. Pengalaman hubungan sebelumnya juga dinilai dapat membentuk sikap seseorang pada hubungannya saat ini.

Keinginan untuk membantu pasangan mungkin akan kerap muncul. Maka berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika memiliki pasangan dengan trust issue.

1. Jadilah pendukung yang baik

"Jika menghadapi orang dengan trust issue, cari dulu apa yang menjadi kebutuhan mereka yang belum terpenuhi dari hubungan atau relasi sebelumnya," ujar psikoterapis dan divorce coach, Cat Blake.

Dengan cara tersebut, seseorang dinilai dapat dapat belajar dan memulai kembali kepercayaan terhadap suatu hubungan. Cat menambahkan, lakukanlah yang terbaik dengan menjadi sistem pendukung yang baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jadilah pribadi yang bisa dipercaya

Menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan jujur juga dinilai dapat membantu pasangan dengan trust issue. Mengingat memperoleh kepercayaan merupakan hal yang sulit dalam hal ini.

"Sempatkan waktu untuk menelepon. Anda mungkin berpikir bahwa menelepon memiliki dampak yang kecil, namun hal itu mungkin sangat berarti bagi pasangan. Kepercayaan tidak hanya harus dibangun pada hal besar, hal sederhana yang Anda lakukan setiap hari untuk menunjukkan bahwa Anda peduli juga penting," ujar Cat.

Cat menjelaskan, menjadi terbuka dengan setransparan mungkin dan menghindari sikap-sikap yang dapat memancing kecurigaan dapat membantu.

"Jika Anda merahasiakan sesuatu atau menghilang selama berjam-jam tanpa informasi, misalnya. Jangan terkejut jika pasangan menjadi tidak percaya. Janganlah lakukan hal-hal yang menimbulkan kecurigaan," kata Cat.

3. Be vulnerable

"Dalam proses keterbukaan suatu hubungan, membuka diri jadi hal yang penting. Kepercayaan dapat dibangun dengan waktu yang panjang dan harus melibatkan aksi dan ucapan," ujar terapis seks, Valon Alford.

Valon menambahkan, ingatkan pasangan bahwa tidak apa-apa untuk terbuka, membicarakan masa lalu, membagikan perasaannya, atau menanyakan bantuan apa yang dapat Anda berikan padanya.

Hal-hal tersebut dianggap menjadi cara yang baik untuk membangun kepercayaan dan rasa aman.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.