Sukses

Pemerintah Sediakan 2 Juta Paket Obat Isoman Gratis

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan terus membagikan 2 juta paket obat gratis untuk yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Ini mencakup pasien tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) dan bergejala ringan.

"Pemerintah akan terus membagikan paket obat gratis untuk OTG dan yang bergejala ringan. Direncanakan sejumlah 2 juta paket obat," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers, Selasa (20/7/2021).

Jokowi juga meminta seluruh pihak bekerja sama menurunkan kasus COVID-19. Apalagi hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) Jawa-Bali, terlihat penurunan kasus COVID-19.

Jika tren kasus COVID-19 terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, Pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap di sejumlah sektor, seperti pasar tradisional, warung makan, lapak, restoran, pedagang kaki lima hingga usaha mikro lain dengan ketentuan protokol kesehatan, yang diatur teknis oleh pemerintah daerah.

"Saya minta kita semuanya bisa bekerja sama bahu membahu, dengan harapan kasus COVID-19 akan segera turun dan tekanan pada rumah sakit juga menurun," imbuh Jokowi.

"Untuk itu, kita semua harus meningkatkan kedisiplinan menerapkan kesehatan, melakukan eksplorasi terhadap yang bergejala, dan memberikan pengobatan sedini mungkin kepada yang terpapar."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 4 halaman

Ringankan Masyarakat Terdampak COVID-19

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19, Pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun berupa bantuan tunai. Ada juga bantuan sembako, kuota internet, dan subsidi listrik yang diteruskan.

"Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta usaha mikro. Saya sudah memerintahkan kepada para menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos kepada warga masyarakat yang berhak," lanjut Jokowi.

Jokowi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu melawan COVID-19.

"Memang ini situasi yang sangat berat, tetapi dengan usaha keras kita bersama, Insha Allah, kita bisa segera terbebas dari COVID-19 dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: