Sukses

Vaksinasi Booster untuk Nakes Dimulai di RSCM, Pakai Vaksin Moderna

Menkes berharap agar vaksinasi booster bagi nakes dengan vaksin Moderna bisa dilakukan dengan lebih cepat

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan memulai pemberian vaksinasi COVID-19 ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Pelaksanaan vaksinasi booster itu dilakukan menggunakan vaksin Moderna pada Jumat, 16 Juli 2021 kemarin Sebanyak 50 Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan sejumlah dokter disuntik vaksin tersebut.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi booster pertama kali memang diberikan kepada para senior Guru Besar dari FKUI. Dia berharap hal ini dapat diikuti oleh nakes lainnya.

"Harapan kami kalau para senior ini yakin untuk bisa menerima vaksin booster atau vaksin yang ketiga dengan Moderna ini, seharusnya para juniornya, murid-muridnya juga bisa mengikuti (divaksinasi) dengan segera," katanya.

"Jadi harapan saya segera para nakes ini diberikan booster yang ketiga untuk bisa melindungi mereka sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih tenang," kata Menkes seperti dilansir dari laman Kemenkes, Sehat Negeriku, Sabtu (17/7/2021).

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharapkan Lebih Cepat Selesai

Saat meninjau vaksinasi booster di RSCM, Budi menilai pelaksanaan vaksinasi ketiga bagi nakes akan lebih mudah mengingat tempat kerja mereka ada di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Saya lihat (vaksinasi) kemarin itu sekitar 7 minggu atau 8 minggu sudah bisa selesai 1,5 juta, saya harapkan kali ini bisa lebih cepat selesai karena kan hanya satu kali suntik," kata Budi Gunadi.

Prof. Aman Pulungan, salah satu Guru Besar FKUI yang telah disuntik vaksin Moderna mengatakan dirinya tidak merasakan efek apapun.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini yakin bahwa vaksinasi booster yang mereka terima dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

"(Vaksinasi) yang pertama dan kedua itu dengan Sinovac platformnya inactivated virus, kalau ini pakai Moderna dengan platform berbeda. Jadi saya rasa ini yang paling baik," katanya.

3 dari 4 halaman

Butuh Imun Kuat Hadapi Varian Delta

Prof. Aman pun mengimbau agar seluruh nakes untuk segera mendapatkan vaksinasi ketiga, apalagi saat ini, dibutuhkan imunitas yang kuat dalam menghadapi varian Delta dari COVID-19.

"Karena kita ini frontliner untuk nakes jadi kita tentu harusnya lebih terlindungi karena langsung berhadapan dengan pasien positif COVID-19," kata Aman.

"Jadi kalau saya sarankan seluruh Nakes jangan ragu-ragu sesegera mungkin kalau ada kesempatan untuk dapat diimunisasi yang ketiga."

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.