Sukses

Satgas COVID-19 Ingatkan Jangan Merasa Aman karena Sudah Divaksin

Satgas COVID-19 ingatkan jangan merasa aman karena sudah divaksin.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengingatkan agar masyarakat jangan merasa aman karena sudah divaksin. Untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) membutuhkan 70 persen dari populasi penduduk.

Berdasarkan data vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan per 29 Juni 2021 hingga pukul 12.00, jumlah yang disuntik dosis pertama bertambah 884.876 orang, total 28.304.774. Jumlah orang yang menerima suntikan dosis kedua bertambah 147.704, total 13.329.738 orang.

"Jangan lengah dan abai, serta merasa aman karena sudah divaksin. Ini karena kekebalan komunitas baru dapat tercapai apabila vaksinasi telah mencakup 70 persen populasi," pesan Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Selasa (29/6/2021).

Selain itu, inisiatif masyarakat dalam menekan dan mengendalikan kasus COVID-19 menjadi sangat penting Masyarakat dapat ikut menyebarluaskan edukasi terkait COVID-19 kepada orang sekitar.

"Terdapat berbagai isu yang masih perlu diedukasi dengan baik kepada masyarakat, seperti penggunaan masker yang benar, pentingnya menjaga jarak, dan masih banyak masyarakat yang takut untuk divaksin," ucap Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akses Informasi COVID-19 yang Valid

Bagi masyarakat agar tidak termakan hoaks, Wiku Adisasmito berpesan dapat mengakses kanal resmi Satgas COVID-19 maupun kanal kementerian/lembaga.

“Akseslah informasi COVID-19 yang valid dan terpercaya dari kanal resmi Satgas Covid-19, kementerian/lembaga terkait serta kanal edukasi lainnya," pesannya.

"Pastikan informasi yang disampaikan terkonfirmasi kebenarannya, bukan hoaks."

Dalam situasi pandemi, gotong royong, dan bahu membahu untuk memperbaiki keadaan sangat penting.

"Jangan saling menyalahkan, karena penanganan COVID-19 yang efektif akan tercapai bila seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah kompak, saling membantu merumuskan strategi penanganan yang terbaik," kata Wiku, yang juga Koordinator Tim Pakar Satgas COVID-19.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.