Sukses

Wimar Witoelar Meninggal Dunia, Sosok Kritis nan Humoris Berpulang

Pianis dan komposer Ananda Sukarlan menyebut almarhum Wimar Witoelar sebagai orang yang kritis dan humoris.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abudarrahman Wahid (Gusdur), Wimar Witoelar Kartaadipoetra meninggal dunia pada Rabu, 19 Mei 2021. Ia meninggal saat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

Kabar tersebut di konfirmasi oleh Direktur IMX Erna Indriana. "Ya, barusan aja Pak Wimar meninggal dunia dengan tenang sekitar pukul 9," ucap Erna saat dihubungi Liputan6.com.

Sebelum meninggal dunia, Wimar Witoelar dalam kondisi kritis. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang sempat menjenguknya dan meminta doa dari masyarakat untuk kesembuhan pria kelahiran Padalarang, 14 Mei 1945 ini.

Kesedihan turut dirasakan pianis dan komposer Ananda Sukarlan atas meninggalnya Wimar. Dalam akun Twitter @anandasukarlan ia menyampaikan bahwa Wimar sosok kritis nan humoris. Ananda pun mengatakan surga bakal lebih indah dengan kehadiran Wimar.

"Turut berduka cita, om #wimarwitoelar, dulu juru bicara Presiden zaman #gusdur telah meninggal dunia. Surga tamabh indah dengan humor Anda yang berkelas, om. #RIPWimarWitoelar," cuit Ananda beberapa saat lalu.

 

Sosok Wimar Witoelar dikenal ramah dan penuh canda oleh banyak orang. Hal tersebut terasa ketika ia bertugas sebagai juru bicara Gusdur serta kiprah almarhum lainnya ketika menjadi jurnalis dan kolumnis.

Di balik humornya, Wimar adalah sosok yang berani memberikan kritik pada era pemerintahan Orde Baru tetap dengan gayanya yakni lontaran jenaka. Hal itu Wimar lontarkan lewat program televisi yang dipandunya seperti mengutip Antara.

Kelantangan Wimar membuatnya masuk dalam jajaran aktivis terpadan dan disegani hingga sekarang.Di masa kepepimpinan Presiden Jokowi, Wimar masih aktif dalam isu lingkungan dan kebhinekaaan.

"Kami di Kantor Staf Kepresidenan sudah lama bekerja sama dengan beliau dan tim terkait isu seperti lingkungan, masyarakat, kebhinekaan, masalah intoleransi. Kami sangat mengapriesasi kerja beliu selama ini," kata Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Selama Jalan, Wimar Witoelar....

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.