Sukses

Di balik Manfaat Dahsyat Minyak Kelapa Sawit

Liputan6.com, Jakarta Praktis, minyak selalu dimanfaatkan untuk memasak. Begitu juga dengan minyak kelapa sawit. Namun selain untuk memasak, minyak kelapa sawit ternyata punya banyak manfaat lho. 

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Putri Sakti DP. M. Gizi, Sp.GK, AIFO-K menjelaskan bahwa minyak kelapa sawit yang merupakan produk alami menyimpan segudang manfaat untuk manusia. 

Untuk kesehatan, minyak kelapa sawit mengandung lemak baik. Lebih lanjut dr Putri juga menjelaskan bahwa lemak sebenarnya nggak menjadi momok menakutkan. Justru yang harus diketahui, lemak merupakan sumber energi kedua setelah gula. 

Oleh karena itu, lemak baik yang ada dalam minyak kelapa sawit baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga bisa menekan risiko darah tinggi, jantung, dan stroke. 

"Baik, asalkan tidak salah dalam cara pengolahannya. Tidak salah dalam jumlah pengonsumsiannya karena segala sesuatu yang berlebihan kan memang nggak bagus," jelas dr Putri dalam diskusi virtual yang digelar BPDP Kelapa Sawit bersama Dream.co.id beberapa waktu lalu.

Lalu cara mengonsumsi minyak kelapa sawit yang benar dan baik itu seperti apa sih? 

"Boleh dikonsumsi langsung atau dicampurkan ke makanan yang sudah matang," kata dr Putri. 

Nah, jadi ingat ya, minyak kelapa sawit ini jangan terkena suhu tinggi karena ikatan kimia seperti vitamin dan mineral yang ada di dalamnya bisa rusak. 

Jika pun harus terkena suhu tinggi, jangan sampai digunakan berulang. Maksimal hanya dua kali pemanasan. 

 

 

(*)