Sukses

Kencangkan Kulit dengan Masker Bokong, Bisa Usir Selulit?

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan masker kini tak terbatas di wajah dan rambut saja, Anda juga bisa menggunakan masker bokong. Tujuannya, untuk meningkatkan hidrasi dan meningkatkan penampilan bokong Anda.

Masker bokong dirancang khusus untuk bagian belakang Anda. Masker ini juga tidak sepopuler masker wajah atau masker rambut, namun masker ini mengandung bahan serupa untuk meningkatkan hidrasi, memperbaiki tekstur kulit, dan melawan jerawat.

Menggunakan masker di bagian tubuh ini mungkin tampak aneh, namun Tsippora Shainhouse, MD, dokter kulit bersertifikat dengan SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills menjelaskan kulit pantat dapat diperlakukan serupa dengan kulit wajah.

"Masker dapat melakukan berbagai hal, tergantung pada bahannya, termasuk mengeringkan lesi jerawat aktif, menambah hidrasi pada kulit, dan memfasilitasi pengelupasan ringan,” kata Shainhouse seperti dilansir Health Line.

Kehebatan masker bokong ini, lanjut Shainhouse, dapat menghaluskan benjolan kasar, mengeringkan bintik-bintik yang meradang, dan merupakan perawatan perawatan kulit yang efektif. Namun, masker bokong bukanlah perawatan terbaik untuk jerawat di bokong.

Bokong juga bisa berjerawat karena memiliki folikel rambut, dan folikel ini lebih rentan tersumbat karena Anda terus-menerus duduk. Masker bokong membantu mengelupas sel kulit mati dan membuka pori-pori. Ini dapat mengurangi jerawat di pantat Anda.

"Jika Anda mencoba menyelesaikan masalah kulit seperti jerawat bokong dan masker tidak berhasil, Anda harus menemui dokter kulit bersertifikat untuk evaluasi dan manajemen," kata Shainhouse.

 

2 dari 4 halaman

Masker Bokong

Seperti apa bentuk masker bokong? Ada berbagai bentuk, yakni masker lembar ataupun krim pasta. Untuk bentuk lembaran dijual dua dalam satu paket, dan Anda menerapkan satu lembar ke setiap sisi.

Proses penggunaan masker bokong bervariasi tergantung pada apakah Anda memiliki masker lembar atau pasta. Yang jelas, penggunaan masker dalam bentuk apapun berisiko membuat berantakan jika Anda duduk di tempat tidur atau di kursi. Untuk menghindarinya, Anda harus berbaring tengkurap setelah bermasker.

Mengenai keamanannya, Shainhouse menjelaskan relatif aman. Jika wajah Anda tahan terhadap masker wajah, Anda mungkin tidak akan kesulitan menggunakan masker bokong. Tentu saja, selalu ada risiko efek sampingnya.

Anda mungkin mengalami reaksi kulit jika Anda sensitif atau alergi terhadap bahan dalam masker. Tanda-tanda reaksi dapat berupa ruam kulit, gatal, atau kemerahan.

Masker ini mengandung beberapa bahan yang sama dengan masker wajah, seperti:

  • Kolagen
  • Asam hialuronat
  • Asam alfa hidroksi
  • Antioksidan

Shainhouse bilang, untuk membeli masker bokong tidak perlu menemui dokter kulit atau ahli kecantikan . Berbagai bisnis perawatan kulit menjual masker ini, termasuk salon, spa, dan retailer kecantikan.

Cynthia Cobb, perawat bersertifikat di bidang kesehatan, kecantikan, dan estetika, mengatakan meskipun masker bokong dapat melembabkan dan mengencangkan kulit pada bokong Anda, jangan berharap itu memberikan hasil yang dramatis. Apalagi jika Anda mencoba mengurangi munculnya selulit atau lesung pipit.

Menggunakan masker bokong mendorong produksi kolagen. Ini membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan kulit yang kendur. Jika Anda memiliki lesung pipit atau selulit di bagian belakang tubuh, masker bokong perlu dikombinasikan dengan olahraga dan penurunan berat badan, untuk mengurangi munculnya selulit.

Latihan yang dimaksud dapat mencakup jalan kaki, latihan beban, Pilates, squat, dan latihan tubuh bagian bawah lainnya.

Masker bokong ini sudah mendapat banyak ulasan positif, tapi belum ada penelitian ilmiah tentang keefektifan perawatan kecantikan untuk mengencangkan kulit.

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini