Sukses

Agar Mata Nggak Cepat Lelah Selama Kerja dari Rumah

Mata lelah banyak dialami orang di masa pandemi karena penggunaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet dengan intensitas tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Mata lelah merupakan kondisi yang umum terjadi. Meski menjadi hal yang umum dirasakan banyak orang di masa pandemi, namun pastinya kamu nggak akan nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kondisi mata lelah. 

Ya, mata lelah banyak dialami orang di masa pandemi karena penggunaan perangkat digital seperti komputer, smartphone, dan tablet dengan intensitas tinggi. Lalu apa saja gejala mata lelah? 

Dikutip laman Healthline, mata lelah dapat memunculkan gejala mulai dari sakit kepala, penglihatan yang mulai blur, mata merah, iritasi, dan muncul rasa sakit di bagian leher, bahu, dan punggung belakang. 

Sebelum muncul gejala mata lelah, yuk lakukan beberapa pencegahan berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lakukan Aturan 20-20-20

Sering kali kelelahan mata terjadi karena kamu melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama dan tanpa istirahat. Oleh karena itu, masih dikutip laman Healthline, lakukan aturan 20-20-20. 

Aturan 20-20-20 adalah setiap kali beraktivitas selama 20 menit, cobalah untuk melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Cara ini dilakukan untuk menyeimbangkan aktivitasmu. 

2. Posisi Layar

Pastikan jarak perangkat digital dengan mata sudah berada di posisi yang tepat. Posisi mata dengan layar komputer atau laptop misalnya, harus sejauh kamu merentangkan lengan. Ini juga berlaku untuk penggunaan smartphone. 

 

3 dari 4 halaman

3. Penggunaan Lampu

Pencahayaan juga dapat menjadi penyebab kelelahan mata. Usahakan jangan terlalu redup atau terang. Ada baiknya mulai menyesuaikan kecerahan layar sesuai kebutuhan. 

4. Pakai Kacamata

Mata lelah juga disebabkan karena blue light atau sinar biru yang dikeluarkan dari perangkat digital. Ada baiknya kamu mulai menggunakan kacamata yang dapat memantulkan sinar biru, agra mata nggak cepat lelah saat beraktivitas.

 

4 dari 4 halaman

5. Asupan Nutrisi Tepat

Selain cara di atas, kamu juga harus mendukung mata untuk menjaga kualitas penglihatan. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi wortel, ubi jalar, daging atau unggas tanpa lemak, serta sayuran berdaun hijau untuk menjaga kesehatan mata. 

Selain itu, untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari, kamu bisa membantu menjaga mata di tengah paparan gadget sepanjang hari dengan mengonsumsi sarang burung walet. 

Cobalah pilih produk sarang burung walet yang memiliki Program 12 Hari dengan kandungan ekstrak vitamin A dan madu. Jadi kamu mengonsumsi produk ini selama 12 hari untuk hasil maksimal.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini