Sukses

Ketahui Manfaat Menakjubkan Pegagan bagi Kulit

Centella Asiatica atau juga kita kenal dengan pegagan merupakan tanaman yang kaya antioksidan dan telah lama digunakan untuk mengobati penyakit dan menyembuhkan luka.

Liputan6.com, Jakarta Centella Asiatica atau juga kita kenal dengan pegagan merupakan tanaman yang kaya antioksidan dan telah lama digunakan untuk mengobati penyakit dan menyembuhkan luka.

Konon, legenda mengatakan ketika harimau terluka, ia akan berguling-guling di atas tanaman ini untuk menyembuhkan dirinya sendiri, dar situlah asal usul nama tiger grass di luar negeri. Hingga kini, tanaman ini masih digunakan sebagai penyelamat kulit.

"Konsentrasi tinggi asam amino, beta-karoten, dan asam lemak inilah yang membuat ramuan ini sangat bermanfaat," kata seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, Dr. Mona Gohara, seperti dikutip Health.com.

Bagaimana cara kerja centella asiatica?

"Sifat anti-inflamasi meningkatkan hidrasi dan membantu menenangkan serta memperbaiki kulit kering, merah, dan iritasi," jelasseorang dokter kulit di New York City, Dr. Shari Marchbein.

Dengan demikian tanaman ini dianjurkan untuk merawat berbagai kondisi kulit, terutama yang memiliki gejala kemerahan dan kulit tidak rata (seperti psoriasis dan eksim).

Seorang ahli kimia Chiara Butler di Function of Beauty (produsen produk skincare yang menggunakan centella asiatica dalam beberapa produknya), mengatakan tanaman ini memiliki dua senyawa yang bermanfaat untuk kulit, yaitu madecassoside dan asiaticoside, keduanya dikenal karena sifatnya yang menenangkan.

Dr. Marchbein menjelaskan tanaman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan telah terbukti meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit serta meningkatkan elastisitas kulit.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips menggunakannya

Hal baik lainnya, Anda dapat mencampurkan ekstrak tumbuhan ini ke dalam hampir semua rutinitas perawatan kulit Anda, baik itu dimasukkan ke dalam pembersih, penyegar, serum, dan krim.

Seorang ahli kimia kosmetik di New York City, Nikita Wilson, mengaku suka versi krim dan serum "karena menempel di kulit dalam waktu lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal”.

Butler menyetujuinya dengan menambahkan bahwa versi krimnya dapat digunakan pagi atau malam hari, atau keduanya. Sementara Dr. Gohara merekomendasikan versi balsem yang dioleskan di malam hari untuk mengobati retinoid, karena selain mencegah retinoid merusak kulit, centella asiatica juga mencegah iritasi kulit.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Ini Bisa Cegah & Obati Pasien Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.