Sukses

Cara Kerja Vaksin Membuat Tubuh Kenal dan Kebal Terhadap Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro menerangkan, cara kerja vaksin membuat tubuh kita kenal dan kebal terhadap penyakit yang masuk. Vaksin diberikan dalam kondisi tubuh sehat.

Sebagian besar dari kita sudah mengenal vaksin, bahkan menerima vaksin saat masih kecil melalui imunisasi. Sebuah jargon untuk vaksin menyeruak, 'Tak kenal, maka tak kebal.'

"Vaksin yang disuntikkan itu saat tubuh sehat, berbeda dengan obat yang diberikan setelah kita sakit. Jargonnya, tak kenal, maka tak kebal," terang Reisa saat sesi virtual dr Reisa Ajak Kenali Vaksin, ditulis Minggu (29/11/2020).

"Caranya ini dengan vaksinasi. Vaksiansi adalah proses pemberian vaksin dengan disuntikan maupun diteteskan ke dalam mulut."

Vaksin akan menciptakan sistem kekebalan tubuh secara spesifik atau khusus untuk melawan penyakit tertentu. Sistem imun inilah yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri.

"Sistem imun membutuhkan pengenalan terhadap kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Apabila di kemudian hari virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, maka (tubuh) kita sudah siap untuk melawan penyakit," kata Reisa.

2 dari 4 halaman

Kerja Vaksin Deteksi Virus atau Bakteri

Vaksinasi bertujuan membuat tubuh kenal, lalu kebal terhadap penyakit dari virus atau bakteri yang masuk.

"Tubuh langsung mendeteksi sebagai sebuah ancaman infeksi. Maka, tubuh kita akan membentuk sistem untuk membuat kekebalan tubuh atau antibodi yang diperlukan untuk melawan penyakit tersebut," lanjut Reisa.

"Tubuh kita ini akan mengingat apa yang harus diwaspadai, sehingga jika ada virus, bakteri atau kuman penyebab penyakit yang masuk dapat dilawan."

3 dari 4 halaman

Infografis: Perjalanan Wabah dan Vaksinnya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: