Sukses

Doni Monardo: Bonek Jawa Timur Jadi Pelopor Ajak Masyarakat Pakai Masker

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan, Jawa Timur yang tidak lagi ada zona merah juga berkat dari peran bonek atau bondo nekat. Kini, bonek mengajak masyarakat Jawa Timur mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker.

"Peran bonek sehingga masyarakat diharapkan bisa meningkatkan protokol kesehatan di antara Saudaranya di Jawa Timur," ucap Doni saat dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (12/10/2020).

"Kami menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan bonek di Jawa Timur, yang semula masih banyak yang menolak menggunakan masker. Hari ini, bonek justru menjadi pelopor untuk mengajak masyarakat menggunakan masker dan patuh kepada protokol kesehatan."

Adapun perkembangan 10 provinsi prioritas. Dari 10 provinsi prioritas, hanya Bali yang kasus COVID-19 belum turun. Data dihimpun per 12 Oktober 2020.

"Untuk  semuanya mengalami perbaikan ya, termasuk Aceh dan Bali. Angka menurun di 9 provinsi, hanya 1 provinsi saja yang masih belum mengalami penurunan cukup, yaitu Bali. Kemudian Jawa Timur dan Papua sempat naik, tetapi turun lagi pada minggu terakhir," lanjut Doni.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Perbaikan Kasus COVID-19

Dalam sebulan terakhir, Jawa Timur juga sudah mengalami perbaikan kasus COVID-19. Kini, tidak ada lagi zona merah di Jawa Timur.

"Pada Juni yang lalu, Bapak Presiden Joko Widodo berkunjung ke Jawa Timur. Beliau memberikan beberapa penekanan dan arahan kepada gubernur dan seluruh bupati/wali kota serta semua pejabat yang ada di Jawa Timur. Alhamdulillah, hari ini Jawa Timur selama kurang lebih tiga minggu terakhir tidak ada lagi zona merah," lanjut Doni.

 "Ini terlihat adanya sebuah kesembuhan yang sangat baik dari seluruh unsur pimpinan di Jawa Timur, termasuk didukung oleh tokoh-tokoh yang ada, terutama tokoh agama. Pak Presiden juga mengingatkan kepada semua pimpinan untuk melibatkan lebih banyak lagi tokoh-tokoh masyarakat."

Tren angka kesembuhan meningkat di provinsi prioritas, kecuali Papua.

"Namun, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kesehatan juga Satgas COVID-19 telah bekerja sama untuk membangun rumah sakit yang ada di Biak," Doni menambahkan.

"Diharapkan seluruh masyarakat yang ada di Kepulauan Yapen juga Biak Numfor nantinya tidak perlu lagi dirawat ke Jayapura."

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota Menuju New Normal

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: