Sukses

Virus COVID-19 Bisa Menempel di Saluran Napas Anak Sampai Berminggu-Minggu

Penelitian baru-baru ini menemukan bukti bahwa anak-anak dapat membawa virus COVID-19 di hidung dan tenggorokan selama berminggu-minggu

Liputan6.com, Jakarta Penelitian baru-baru ini menemukan bukti bahwa anak-anak dapat membawa virus COVID-19 di hidung dan tenggorokan mereka selama berminggu-minggu bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala apa pun. Menurut peneliti dari Korea Selatan, hal itu juga menjadi kemungkinan penjelasan bagaimana virus menyebar secara diam-diam.

"Penelitian ini sejalan dengan data orang dewasa, yaitu 40 persen orang dewasa mungkin tetap asimtomatik (tidak ada gejala) saat menghadapi infeksi," tulis Dr. Roberta DeBiasi dan Dr. Meghan Delaney, keduanya dari National Hospital of Children di Washington, DC, dalam laporannya, seperti dimuat CNN.

"Dalam penelitian ini, penulis memperkirakan bahwa 85 anak yang terinfeksi (93 persen) akan terlewatkan bila menggunakan strategi pengujian yang difokuskan pada pengujian pasien yang bergejala saja," tulis mereka.

Penelitian yang baru dirilis ini menambah lebih banyak bukti tentang betapa pentingnya melakukan pemeriksaan lebih meluas sebagai strategi kunci untuk mengurangi penyebaran virus. Itu termasuk melakukan pemeriksaan pada pelacakan kontak bahkan yang asimtomatik, dilansir dari 9news.

"Kami tahu bahwa anak-anak sering kali menunjukkan sedikit atau tidak ada gejala COVID-19. Kami juga tahu bahwa mereka tidak kebal terhadap virus ini, dan mereka bisa menjadi sangat sakit. Menguji individu yang terpapar yang belum tentu menunjukkan gejala COVID-19 sangat penting untuk dilakukan pelacakan kontak. Sehingga membantu mengidentifikasi dan mendukung orang lain yang berisiko terinfeksi," kata Presiden AAP (American Academy of Pediatrics) Dr. Sally Goza dalam pernyataannya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Penelitian

Studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics pada hari Jumat, mencakup data pada 91 anak tanpa gejala, tanpa gejala dan gejala yang didiagnosis dengan COVID-19 antara 18 Februari dan 31 Maret di 22 pusat di seluruh Korea Selatan.

Di antara pasien tersebut, 20 di antaranya (atau 22 persen) tidak menunjukkan gejala yang jelas dan tetap asimtomatik selama penelitian. Sedangkan 18 anak lainnya (sekitar 20 persen) tidak menunjukkan gejala, yang berarti mereka tidak terlihat atau merasa sakit pada saat itu tetapi akhirnya mendapatkan gejala kemudian.

Secara keseluruhan, lebih dari separuh anak (sekitar 71-78 persen) memang menunjukkan gejala, termasuk demam, batuk, diare, sakit perut dan kehilangan penciuman atau rasa, di antara gejala lainnya. Durasi gejala tampak bervariasi, ada yang hanya satu hari hingga 36 hari.

"Ini menunjukkan bahwa bahkan anak-anak yang terkena dampak ringan dan sedang tetap bergejala untuk jangka waktu yang lama," tulis DeBiasi dan Ms Delaney di editorial.

Data menunjukkan bahwa hanya 8,5 persen dari pasien dengan gejala yang didiagnosis dengan COVID-19 pada saat gejala bermunculan. Sebagian besar, sekitar 66,2 persen pasien dengan gejala memiliki gejala yang tidak dikenali sebelum mereka didiagnosis dan sekitar 25,4 persen mengembangkan gejala setelah didiagnosis.

Dengan demikian, penelitian tersebut menjelaskan konsep bahwa anak-anak yang terinfeksi lebih cenderung tidak menunjukkan gejala dan tetap beraktivitas seperti biasa. Sehingga kemungkinan berkontribusi pada sirkulasi virus di dalam komunitas mereka, catat DeBiasidan Delaney.

 

3 dari 3 halaman

Virus tetap berada di saluran pernapasan

Studi tersebut menemukan materi genetik dari virus terdeteksi pada anak-anak selama rata-rata 17,6 hari secara keseluruhan. Bahkan pada anak-anak yang asimtomatik, virus tersebut rata-rata terdeteksi selama 14 hari. Mungkin juga virus tetap pada anak-anak lebih lama lagi, kata penelitian tersebut, karena tanggal infeksi awal tidak teridentifikasi.Namun, penelitian ini juga tidak menunjukkan bahwa anak-anak itu turut menyebarkan virus, kata para ahli.

"Adanya materi genetik virus pada hasil tes swab (pada anak yang asimtomatik), tidak bisa disamakan dengan penularan sebagaimana pada orang yang menunjukkan gejala penting seperti batuk dan bersin," ujar Calum Semple, profesor bidang kesehatan anak dan pengobatan wabah di Universitas Liverpool. Ia tidak terlibat dalam penelitian.

Selain itu, metode deteksi molekuler yang sensitif dapat mendeteksi virus yang dapat hidup dan infektif tetapi juga tidak dapat hidup atau fragmen RNA yang tidak dapat ditularkan, tulis DeBiasi dan Delaney.

Lebih banyak penelitian juga diperlukan untuk menentukan apakah temuan serupa akan muncul di antara kelompok anak-anak yang lebih besar di belahan dunia lain.

Namun, menurut DeBiasi dan Delaney, studi baru ini memberikan informasi yang dapat digunakan oleh petugas kesehatan masyarakat ketika mempertimbangkan penyebaran virus di sekolah.

"Strategi pengawasan yang hanya menguji anak-anak yang bergejala akan gagal untuk mengidentifikasi anak-anak yang secara diam-diam menyebarkan virus saat berpindah-pindah di komunitas dan sekolah mereka," tulis mereka.

Di wilayah di mana penggunaan masker tidak diterima secara luas atau digunakan oleh masyarakat umum, pembawa (virus) asimtomatik dapat menyebarkan diam-diam di komunitas.

Sebagaimana pernyataan dari Goza tentang perlunya pelacakan sistematis dan luas.

"Tanpa data dan transparansi, ahli ilmu pengetahuan dan medis terhambat - dan keluarga dirugikan - karena kami kekurangan informasi yang membantu kami memahami betapa mudahnya virus ini dapat ditularkan ke orang lain dan bagaimana menghentikannya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.