Sukses

5 Manfaat Mengajak Anak Bermain

Liputan6.com, Jakarta Masa kecil, terutama bagi anak usia di bawah lima tahun, adalah masanya anak bermain. Dalam bermain, anak bisa mengeksplorasi lingkungan dan mengembangkan tubuh serta daya berpikirnya. Tentunya orangtua perlu memantau kegiatan bermain anak. Berikut manfaat mengajak anak bermain seperti disampaikan Mommy Inayah Soenaryo dalam Babyologist.

Dunia si Kecil yang terutama yang berusia balita adalah bermain. Bermain apa saja tanpa harus terbebani. Mereka bebas menggunakan imajinasinya sekreatif mungkin. namun tetap dengan pantauan orang tua. Mengapa? Karena si Kecil terkadang belum mengerti apakah permainan ini baik dan tidak membahayakan serta bisa dimainkan oleh anak seusianya.

Permainan bisa dilakukan di dalam rumah maupun out door. Tergantung bagaimana situasi dan kondisi mood si Kecil. Sebelum ada wabah virus Corona, orang tua bisa mengajak si Kecil untuk ke tempat bermain tanpa harus repot memikirkan lagi permainan apa yang harus dimainkan karena smeuanya telah tersedia di tempat bermain. Berbagai macam permainan yang bisa melatih motorik, sensorik dan juga tingkat emosional si Kecil.

Meski begitu, dalam kondisi sekarang ini, sangat tidak memungkinkan untuk bepergian dan membawa si Kecil untuk bermain out door. Semuanya harus dilakukan di rumah saja. Begitu pun dengan rutinitas kerja dan sekolah, semuanya cukup di rumah saja dan secara online. Kalau orang tua yang bekerja maka dikenal dengan WFH (Work From Home). Otomatis waktu dengan si Kecil jadi lebih banyak dan bisa digunakan semaksimal mungkin untuk quality time membangun bonding yang kuat dengan anak-anak.

Selama WFH, ada banyak pengalaman yang saya rasakan ketika harus membuat si Kecil tetap merasa nyaman ketika harus di rumah saja. Poin pentingnya adalah membuat si Kecil tidak merasa jenuh dengan kebiasaan baru dan sangat mendadak ini. Salah satu caranya adalah orang tua dituntut untuk selalu kreatif dalam menemani si Kecil berkegiatan dan bermain tentunya. Apa pentingnya bermain bagi si Kecil?

Ada beberapa manfaat bermain bersama dengan si Kecil di situasi seperti saat ini, antara lain:

 

2 dari 2 halaman

5 Manfaat Ajak si Kecil Bermain

1. Menghilangkan kejenuhan bagi si Kecil dan juga orangtua

Selama WFH, kita bisa merasakan bagaimana kejenuhan mondar-mandir di rumah saja. Di kecil pun pasti merasakan. Dengan bermain, bisa menghilangkan kejenuhan. Asalkan permainannya jangan itu-itu saja ya Moms. Bisa membuat aneka permainan sederhana dengan si Kecil agar tidak bosan.

2. Menstabilkan tingkat emosional si Kecil dan orang tua

Beradaptasi dengan suasana baru gampang susah. Terlebih bagi anak-anak, yang sebelumnya bebas bermain di luar rumah, dan sekarang harus di rumah saja. Mereka akan merasa terkungkung dan tidak bebas. Hal ini bisa mempengaruhi tingkat emosional anak-anak. Jika si Kecil rewel maka orang tuanya pun bisa ikutan Stress. Dengan bermain, bisa menyenangkan hati anak-anak dan orang tuanya pun happy.

3. Membangun bonding yang kuat dengan si Kecil

Sebagai working mom, saya sangat merasakan WFH. Punya lebih banyak waktu dengan si Kecil. Yang sebelumnya mereka lebih dekat ke kakek neneknya, sekarang jadi lebih suka cari perhatian dengan mamanya. Mereka jadi lebih sering menuntut untuk bermain dengan saya.

4. Meningkatkan kreativitas si Kecil dan orangtua

Manfaat ini pun paling saya rasakan lho Moms. Saya tipe ini yang may be tidak sekreatif Moms yang lain. Tapi karena WFH ini, saya jadi sering mempraktekkan ide bermain yang Moms di babyo bagikan. Walaupun sering juga si Kecil protes kalau bentuk mainannya aneh tapi yang penting usahanya untuk membahagiakan anak-anak.

5. Bisa menjadi memori yang baik bagi si Kecil

Kembali lagi dunia bermain adalah dunia si Kecil. Memastikan si Kecil tumbuh bahagia adalah kewajiban orang tua. Semoga dengan bermain dan si Kecil happy bisa menjadi memori yang indah buat mereka kelak.