Sukses

Jokowi: Rencananya Masjid Istiqlal Dibuka Juli

Liputan6.com, Jakarta Masjid Istiqlal Jakarta kemungkinan akan dibuka kembali untuk kegiatan ibadah pada Juli 2020.Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo. Menurut dia, masjid ini kemungkinan akan dibuka setelah seluruh renovasi selesai.

"Tadi saya sudah mendapat informasi dari Prof Nasaruddin, Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan masjid akan dibuka bulan Juli, tapi keputusan di Imam Besar," kata Jokowi mengutip Antara (2/6/2020).

Presiden menyampaikan hal tersebut saat melakukan peninjauan kesiapan penerapan prosedur standar new normal di sarana ibadah Masjid Istiqlal Selasa (2/6/2020) pagi.  Hingga kini, perkembangan renovasi masjid yang dipantau presiden sudah rampung lebih dari 90 persen.

Rencananya, renovasi yang tengah dilakukan masjid tersebut akan selesai pada awal Juli 2020. "Memang agak mundur karena adanya pandemi COVID-19. Apakah setelah selesai akan dibuka, belum kita putuskan."

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Berdasarkan informasi kesiapan yang disampaikan Imam Besar Istiqlal, tambah Jokowi, kemungkinan masjid akan mulai dibuka untuk aktivitas ibadah pada Juli 2020.

"Tapi tadi saya titip disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti saat melaksanakan salat semuanya aman dari COVID-19."

"Semua memakai data keilmuan yang ketat sehingga kita harapkan akan berjalan dari tahap ke tahap, dari sektor ke sektor, dari provinsi ke provinsi sesuai dengan angka-angka yang tadi saya sampaikan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: