Sukses

Intip, 6 Tips Bebas dari Bibir Kering di Bulan Puasa

Agar bebas dari masalah bibir kering di bulan Ramadan ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bibir kering kerap jadi masalah yang mengintai ketika di bulan Ramadan. Puasa selama belasan jam ditambah kurang minum air putih saat buka atau sahur membuat bibir jadi kering.

Kondisi bibir kering pada saat puasa ini memang lumrah terjadi. Biasanya bibir bahkan menjadi pecah-pecah dan tak jarang hingga terluka.

Mengingat rasa tak nyaman akiat luka di bibir ini, maka penting untuk mencegahnya. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara ampun membuat bibir tidak kering.

1. Membersihkan bibir

Sekali seminggu kamu perlu menghilangkan sel kulit mati di bibir menggunakan scrub khusus. Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan sikat gigi.

Basahi bibir menggunakan air hangat dan gosok dengan sikat gigi yang lembut. Lakukan ini secara perlahan agar lidah tidak sampai terluka.

2. Pakai pelembap bibir (lip balm)

Pilih lip balm yang melembapkan, mengandung minyak alami, serta SPF. Kandungan SPF bisa menurunkan munculnya bibir kering.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Batasi makanan asin dan pedas

Usahakan untuk menghindari makanan asin dan pedas. Dua jenis makanan ini bisa menyebabkan kamu merasa haus sehingga mulut dan bibir bisa mengering lebih cepat.

4. Hindari membasahi bibir dengan air liur

Membasahi bibir menggunakan air liur bisa membuat bibir mengering lebih cepat. Usai membasahi bibir, biasanya kondisinya akan terlihat basah dan segar, namun setelah beberapa menit, bibir bakal menjadi lebih kering dibanding biasanya.

5. Konsumsi madu

Madu merupakan cara alami untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Tidak hanya dengan dikonsumsi, kamu juga bisa mengoleskan madu ke bibir. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur dan kemudian menghilangkannya saat waktu sahur.

6. Minum air

Jangan lupa, ini yang penting saat buka dan sahur. Asupan air merupakan hal yang harus selalu diperhatikan terutama pada saat puasa. Konsumsi air dalam jumlah cukup bisa mencegah masalah bibir kering ini.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.