Sukses

RSCM Kini Punya Zona Khusus Layani Pasien COVID-19

RSCM kini mempunyai zona layanan pasien COVID-19 dalam satu gedung khusus.

Liputan6.com, Jakarta Layanan bagi pasien COVID-19 di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta kini sudah berpusat di satu gedung tersendiri. Pihak RSCM mengalihfungsikan sementara layanan ibu dan anak RSCM di Pusat Khusus Ibu dan Anak (PKIA) Kiara menjadi zona layanan COVID-19.

Zona tersebut diberi nama RSCM Kiara Ultimate. Keberadaan RSCM Kiara Ultimate sebagai pusat layanan COVID-19 sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah, Kementerian Kesehatan serta masyarakat luas.

Kepala Bagian Pemasaran RSCM Ananto menyampaikan, kronologi singkat alih fungsi gedung menjadi zona khusus layanan COVID-19.

“Berawal dari upaya pemisahan pasien yang memenuhi kriteria Pasien Dalam Pemantauan (PDP) COVID-19 yang datang ke RSCM, maka dibuatlah tenda darurat di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSCM untuk pasien non COVID-19,” ujar Ananto kepada Health Liputan6.com melalui keterangan tertulis, ditulis Minggu (3/5/2020).

“Lalu ruang IGD RSCM zona merah untuk pasien COVID-19 dan ruang PINERE sebagai isolasinya. Tujuannya meminimalisir risiko penularan antar pasien dan petugas seraya menunggu tempat di RS Rujukan COVID-19.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IGD Ulimate

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan tenda darurat dinilai tidak mampu lagi mengakomodir kebutuhan kasus ODP dan PDP COVID-19 yang terus berdatangan.

Langkah selanjutnya, memindahkan Poliklinik Obstetri dan Ginekologi, lantas mengubah menjadi IGD Ultimate dengan kapasitas 37 tempat tidur khusus pasien PDP COVID-19. Upaya ini menjadi solusi sementara untuk mendapatkan kapasitas tempat tidur yang lebih banyak, lanjut Ananto.

Sekaligus meningkatkan kenyamanan dan keamanan pasien jika dibandingkan tenda darurat. IGD Ultimate memiliki kapasitas 37 tempat tidur dengan sistem tata udara bertekanan negatif.

3 dari 4 halaman

Kiara Ultimate

Kian lama jumlah kasus PDP yang dirawat  di ruang IGD ultimate, ruang perawatan serta di ICU dengan banyak penyakit penyerta lain tidak mencukupi kapasitas tempat tidur.

Apalagi antrean rujukan ke  RS Rujukan COVID-19 untuk kasus berat dengan komorbiditas yang menyertai semakin banyak. Oleh karena itu, kebutuhan adanya zona khusus layanan COVID-19 di RSCM didukung penanganan oleh tim multidisiplin dari berbagai bidang keilmuan dirasakan semakin mendesak.

Diperlukan juga sistem layanan yang efisien serta aman bagi seluruh tenaga kesehatan di RSCM.

“Jadi, keputusan pun diambil dengan mengalihfungsikan sementara layanan ibu dan anak di Gedung Kiara menjadi zona khusus COVID-19, dengan nama Kiara Ultimate,” tambah Ananto.

RSCM Kiara Ultimate ini baru diresmikan pada 30 April 2020.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini