Sukses

6 Kesalahan Pemilik yang Berakibat Fatal pada Kesehatan Hewan Peliharaan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan di rumah merupakan keputusan yang harus diikuti dengan tanggung jawab yang besar. Anda tak mungkin menelantarkannya begitu saja dengan tidak memberikan makan serta perawatan.

Memperhatikan kondisi kesehatan fisik bahkan mental hewan peliharaan Anda di rumah, merupakan hal yang penting karena kesalahan-kesalahan kecil pun dapat menyebabkan bahaya untuknya. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang bisa jadi Anda pernah lakukan:

1. Mengunjungi Dokter Hewan Hanya Saat Hewan Peliharaan Anda Sakit

Sama seperti manusia, pencegahan merupakan tindakan terbaik untuk terhindar dari berbagai penyakit yang akan terjadi pada hewan peliharaan. Jika Anda tidak membawa mereka ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan bisa juga menularkannya kepada Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Pet World.

2. Memberikan Makan Secara Berlebihan

Ketika hewan peliharaan menatap Anda dengan matanya yang besar, bisa saja Anda tergoda ingin memberikannya hadiah dengan memberikan makanan kepada mereka. Namun, hewan peliharaan seperti anjing rentan terhadap masalah kelebihan berat badan. Anda harus menghindari untuk memberikan makan secara berlebihan demi kesehatan hewan peliharaan dan Anda juga harus mempelajari beberapa cara yang efektif untuk mengobati obesitas tersebut.

2 dari 4 halaman

3. Memberikan Makanan yang Tidak Bergizi

Makanan hewan peliharaan dengan kualitas yang rendah tentunya tidak baik untuk kesehatan mereka. Jika tetap melakukan hal tersebut, pastinya hewan peliharaan Anda akan jatuh sakit yang akhirnya membuat Anda mengeluarkan dana yang lebih mahal untuk mengobatiiinya.

4. Gagal Bersosialisasi

Ketika hewan peliharaan Anda masih kecil, bersosialisasi dengan mereka yang seumuran merupakan hal yang sangat penting karena hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhannya hingga dewasa nanti. Jika Anda gagal melakukan ini, hewan peliharaan menjadi ancaman bagi orang-orang terdekat Anda dan menyerang hewan peliharaan lainnya.

3 dari 4 halaman

5. Lupa Memotong Kuku Hewan Peliharaan

"Jika dibiarkan tanpa perawatan, kuku yang tumbuh terlalu panjang bisa menjadi sumber rasa sakit bahkan masalah medis," kata dokter hewan, Shelly Zacharias.

Dia juga menambahkan bahwa kuku yang tumbuh berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk tumbuh ke dalam alas kaki sehingga menyebabkan rasa sakit dan infeksi yang ekstrem. Kuku tersebut juga akan putus dan menimbulkan darah. Selain itu, kuku yang terlalu panjang akan menyebabkan radang sendi pada anggota tubuh tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Insider.

6. Memberikan Obat Manusia Kepada Hewan Peliharaan

Dokter hewan DogLab, Sara Ochoa, mengatakan bahwa pemilik hewan peliharaan tak boleh memberikan obat apa pun yang ditujukan untuk manusia tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan. "Banyak obat manusia yang dijual bebas tidak aman untuk dikonsumsi hewan peliharaan," kata Ochoa. Perlu diingat juga bahwa obat yang ditujukan untuk anjing dapat berbahaya dan berakibat fatal untuk kucing dan begitu juga sebaliknya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading