Sukses

Ilmuwan Ungkap Alasan Kosmetik Bisa Picu Alergi

Ruam muncul bisa jadi bukan karena kandungan produk kosmetiknya melainkan imunitas seseorang yang sedang lemah.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mencoba satu kosmetik lalu tak lama muncul alergi dalam bentuk ruam kulit? Jika ya, Anda tak sendiri.

Menurut peneliti dari New York, Amerika Serikat, ruam kulit muncul akibat imunitas seseorang yang bereaksi dengan kandungan kosmetik tertentu.

"Protein dalam kulit yang bersentuhan dengan produk kosmetik tertentu adalah penyebab ruam kulit. Banyak alergen yang mengaktifkan sel-T sistem imun ketika berinteraksi dengan molekul dalam kulit yang disebut CD1a," kata Annemieke de Jong dari Universitas Columbia, New York, seperti dimuat New Scientist.

Untuk membuktikannya, de Jong dan rekan-rekannya meneliti alergen dalam parfum, pasta gigi, dan krim kulit dan reaksinya pada respons imun. 

"Alergen masuk ke dalam molekul lipid CD1a secara reversibel," kata de Jong.

Kemudian mengaktifkan sel-T sehingga menyebabkan reaksi alergi.

de Jong menuturkan, reaksi alergi ini tak perlu Anda khawatirkan karena dapat dihentikan. Baik dengan menghentikan proses CD1a ataupun menghentikan aktivasi sel T.

Sara Brown di University of Dundee di Inggris berharap temuan ini dapat diteliti lebih dalam lagi, sehingga dapat membantu banyak pasien yang memiliki alergi yang saat ini hanya dapat dicegah dengan menghindari sumber alergi mereka atau menggunakan steroid untuk meredam reaksi alergi.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Ruam

Pertama-tama ahli alergi dan imunologi Purvi Parikh, M.D. mengungkapkan, ruam yang muncul akibat kosmetik sebenarnya mirip dengan gejala dermatitis (eksim).

"Gejalanya bisa muncul seperti ruam, gatal, kulit kering dan terkelupas di sekitar tempat Anda merias wajah. Dalam kasus yang ekstrem, reaksi alergi bahkan dapat menyebabkan lepuh atau pembengkakan," katanya, mengutip laman Self.

Jika Anda alergi terhadap produk kosmetik baru, ruam bisa muncul lebih dari 24 jam. Jadi, yang bisa dilakukan adalah menghentikan pemakaian kosmetik sementara.

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah dengan menganggap reaksi alergi tersebut karena produk yang sudah kadaluwarsa. Jadi mereka membeli produk yang sama lagi. Atau, mereka berpikir ruam adalah akibat dari infeksi tetapi masih menggunakan kosmetik lainnya," ujarnya.

Parikh menekankan langkah-langkah mengatasi ruam akibat kosmetik, yaitu:

1. Berhenti menggunakan kosmetik tersebut. Anda dapat menggunakan krim hidrokortison untuk mencegah gatal dan melembapkan ruam dengan Aquaphor.

2. Menghindari makanan yang berlemak yang bisa memicu komedo atau jerawat. Hal ini dianggap akan memperparah kondisi kulit.

3. Memperbanyak minum air putih dan olahraga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.