Sukses

Ibu Rumah Tangga Perlu Dapat Edukasi Soal HIV AIDS

Tak hanya anak muda, ibu rumah tangga juga perlu mengetahui mengenai pencegahan HIV AIDS.

Liputan6.com, Bandung Bukan hanya anak-anak muda, informasi seputar Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) perlu diketahui oleh ibu rumah tangga (IRT). Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 2016, ada 10.626 kasus HIV pada IRT.

"Salah satu penyebabnya (ibu rumah tangga bisa terinfeksi HIV) yaitu perilaku seks berganti-ganti pasangan oleh sang suami," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Rita Verita pada kegiatan Rapat Evaluasi Penanggulangan HIV AIDS Kota Bandung, beberapa waktu lalu. 

Mengingat ada 4,825 kasus HIV di Kota Bandung, Rita mengingatkan pentingnya para ibu rumah tangga mendapatkan informasi mengenai cara penularan, pencegahan dan penanganan HIV AIDS. 

Edukasi mengenai pencegahan HIV AIDS ini, kata Rita, bisa bekerja sama dengan dinas dan badan lain. Seperti Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Pemuda dan Olahraga maupun Dinas Pendidikan. Lewat sinergi bersama maka edukasi bisa lengkap.

 

 

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, kolaborasi menjadi hal utama untuk melaksanakan tugas tersebut. Ia yakin ketika Pemerintah Kota Bandung dan masyarakat bersinergi maka informasi tentang HIV/AIDS akan tersampaikan dengan baik.

"Tentunya kolaborasi dan kerja sama dengan semua pihak harus peduli. Di samping itu, komunikasi yang baik dengan penyampaian pesan yang mudah dipahami," ucap Yana.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.