Sukses

Hepatitis A Tengah Menjamur, Kenali Upaya Pencegahannya

Liputan6.com, Jakarta Hepatitis A merupakan salah satu jenis penyakit peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Penyakit ini banyak ditemukan di negara-negara berkembang, seperti di Indonesia. Seseorang yang telah terserang virus hepatitis A mengalami gangguan pada kinerja hatinya.

Hepatitis A adalah penyakit yang mudah menular dari individu yang satu kepada individu yang lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu waspada agar terhindar dari virus hepatitis A. Berikut ini adalah upaya agar Anda tidak mudah terserang virus hepatitis A:

1. Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif agar terhindar dari terjangkitnya penyakit infeksi. Vaksinasi dapat dilakukan kepada anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.

“Vaksinasi penting dilakukan untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran. Vaksin hepatitis A akan memberikan kekebalan spesifik terhadap virus hepatitis A. Vaksin ini dapat memberikan perlindungan jangka panjang,” kata Direktur Pelayanan Sekunder dan Unggulan Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI dalam acara Media Briefing: Pentingnya Vaksinasi untuk Mencegah Wabah Hepatitis A, pada Kamis (19/12) di salah satu rumah sakit daerah Depok.

2 dari 4 halaman

2. Membiasakan Hidup Bersih dan Sehat

Kemudian Anda harus memilih makanan dan minuman yang dicerna setiap hari dalam kondisi yang bersih dan sehat. Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan bahwa makanan dan minuman tersebut tidak terkontaminasi virus hepatitis A.

Seseorang dapat tertular hepatitis A salah satunya melalui kontak menelan, seperti air yang tidak diolah dengan baik.

Dokter Spesialis Anak, dr. Nina Dwi Putri, Sp. A-K, Msc, pada kesempatan yang sama menambahkan bahwa perlu diingat juga pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun serta menyantap makanan yang sehat.

3 dari 4 halaman

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Upaya terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Anda perlu membudayakan menjaga kebersihan sanitasi, perilaku hidup bersih dengan mencegah bersentuhan secara langsung dengan kotoran dan bahan limbah yang berbahaya karena penyebaran virus hepatitis A bisa melalui air, udara, dan limbah. Oleh karena itu, perlu untuk memperhatikan pembuangan limbah di lingkungan hidup Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: