Sukses

Perlu Tahu, Beda Gejala Influenza dan Selesma

Sekilas mirip tapi ada perbedaan antara influenza dan selesma (common cold).

Liputan6.com, Jakarta Saat musim penghujan, daya tahan tubuh yang rendah membuat orang mudah jatuh sakit. Biasanya influenza dan selesma jadi penyakit langganan yang menyerang di musim penghujan. 

Menurut Ketua Indonesia Influenza Foundation, Cissy Kartasasmita, jika hidung tersumbat bisa sembuh dalam 3-5 hari, itu bukan influenza melainkan common cold atau selesma.

"Biasanya, 3-5 hari common cold sudah berkurang. Sedangkan, influenza 3 hari tidak sembuh atau makin parah," ujarnya dalam acara Vaksinasi Influenza, Cara Tepat Hindari Gangguan Influenza Selama Musim Liburan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Tidak seperti influenza, common cold atau selesma dapat sembuh tanpa mengonsumsi obat atau perawatan khusus lainnya. Common cold bisa sembuh dengan istirahat, makan dan minum yang cukup.

"Kalau selesma biasanya bisa sembuh sendiri saat daya tahan tubuh kita bagus. Bisa juga diberikan obat-obat simptomatis, salah satunya obat herbal dan istirahat yang cukup. Jadi, memang berbeda sama sekali," tambah Cissy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gejala Flu

Jika setelah 3-5 hari hidung masih tersumbat, bahkan merasa sakit tenggorokan dan sakit kepala, sebaiknya berkonsultasi ke dokter serta melakukan pengobatan tertentu.

"Sakit kepala itu salah satu gejala influenza. Kalau sakit kepala atau demam, artinya virusnya sudah mulai menyebar. Sebaiknya minum obat analgesik (penahan sakit kepala) atau parasetamol. Meski belum mengurangi semuanya tapi bisa dikurangi," ujar Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Iris Rengganis.

Untuk mencegah influenza. salah satu hal yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan vaksinasi flu. Vaksinasi sangat efektif untuk mencegah dan meringankan dampak virus influenza.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Selesma atau common cold merupakan salah satu jenis infeksi saluran napas bagian atas (ISPA) yang cukup sering menyerang.

    Selesma

  • Influenza atau common cold (pilek, selesma) adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus.

    Influenza

Video Terkini