Sukses

Cek Skrining TB di Ponpes, Menkes Terawan Puji Santriwati seperti Srikandi

Menkes Terawan memuji antusiasme para santriwati untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di pondok pesantren mereka

Liputan6.com, Jakarta Ketika mengunjungi Pondok Modern Darussalam Putri Gontor di Ngawi, Jawa Timur, Menkes Terawan Agus Putranto juga melihat skrining tuberkulosis yang dilakukan di lingkungan pondok pesantren (ponpes) tersebut.

Ketika berbicara di depan para santriwati di ponpes, Menkes Terawan memuji antusiasme mereka untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Saya merasa bangga. Karena itu menunjukkan sifat-sifat patriot dari para santriwati," kata Menteri Kesehatan Terawan, ditulis Senin (25/11/2019).

"Seperti kalau zaman dulu dalam pewayangan seperti Srikandi-Srikandi, yang akan ikut memimpin bangsa ini," kata Terawan menambahkan.

Dia melanjutkan, di masa depan, para santriwati ini memiliki potensi untuk memimpin bangsa. Maka dari itu, mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto itu juga meminta agar para santriwati untuk hidup sehat.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santri Punya Potensi

Terawan mengungkapkan bahwa Data Kementerian Agama menyatakan ada 25.938 pondok pesantren di Indonesia pada tahun 2018. Sementara, jumlah santri mencapai 3,9 juta orang.

"Jumlah yang besar ini merupakan potensi yang berdaya ungkit besar terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan Indonesia," kata mantan kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto ini.

Dalam kunjungannya ke Ponpes Darussalam Gontor Putri di Ngawi, selain melihat skrining tuberkulosis, Terawan juga meresmikan gedung laboratorium terpadu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Darussalam Gontor yang berada tidak jauh dari ponpes tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.