Sukses

Ciptakan Bahan Baku Farmasi dengan Mandiri, Evergen Raih Piala Karya Anak Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Guna menghasilkan produk alami yang mengandung astaxanthin, PT Evergen Resources (Evergen) bekerja sama dengan PT Indesso Aroma membangun fasilitas tersertifikasi dan berstandar internasional untuk melakukan proses pengeringan dan ekstraksi astaxanthin.

Astaxanthin sendiri merupakan jenis karotenoid atau pigmen yang dikaitkan dengan sayuran, yang ditemukan di lingkungan alam. Artinya, jenis karotenoid ini mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi kesehatan.

Terkait hal tersebut, Evergen meraih penghargaan Piala Karya Anak Bangsa dari Kementerian Kesehatan dalam acara Pameran Pembangunan Kesehatan Tahun 2019, Sabtu 9 November 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

"Saya mewakili Evergen merasa sangat senang dan bangga. Karena kerja keras kami selama ini untuk berkontribusi dalam mewujudkan bahan baku farmasi yang mandi secara nasional telah diterima dan diapresiasi pemerintah," kata CEO PT Evergen Resources, Siswanto Harjanto, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 14 November 2019.

 

2 dari 2 halaman

Inovasi bioteknologi

Evergen melakukan inovasi bioteknologi yang dikembangkan melalui kultivasi mikroalga dengan sistem photobioreaktor tertutup untuk memproduksi AstaLuxe, yakni sebuah produk natural astaxanthin berbentuk powder dan minyak (oleoresin).

Produk ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan banyak digunakan serta diaplikasikan pada produk suplemen kesehatan, obat-obatan, kosmetik, makanan dan minuman, hingga produk pangan ternak.

"Indonesia perlu berbangga karena produk ini merupakan karya anak bangsa yang dikembangkan dan diproses menjadi natural astaxanthin yang sangat bermanfaat untuk diaplikasikan ke berbagai produk," ucap Siswanto.

Kerja keras anak bangsaSiswanto menjelaskan, ia merasa bangga dan mengapresiasi kesempatan yang didapatkannya untuk berkontribusi terhadap perkembangan industri bioteknologi nasional.

"Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan oleh putra putri Indonesia dengan konsisten, persisten, dan pantang menyerah. Sehingga bisa menghasilkan produk natural astaxanthin," ucap Siswanto.

Evergen telah mengembangkan produk inovatif ini sejak tahun 2015 lalu. Mendukung terciptanya produk ini, Evergen memiliki laboratorium dan fasilitas kultivasi mikroalga berstandar internasional di Kendal, Jawa Tengah.

"Kami juga berusaha untuk melakukan penetrasi pasar ekspor untuk memperluas peluang usaha dan bisa berkembang di industri bioteknologi global," tutup Siswanto.

Penulis: Diviya Agatha

Loading
Artikel Selanjutnya
Harapan Menkes Terawan ke Pemerintah Terhadap Alat Kesehatan Karya Anak Negeri
Artikel Selanjutnya
Optimisme Muncul Usai Menkes Terawan Melihat Inovasi Alat Kesehatan Buatan Anak Bangsa