Sukses

Menjadi Orangtua Adil, Rumah Tangga pun Harmonis

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu kunci yang mungkin tak banyak disadari oleh pasangan suami istri untuk membuat rumah tangganya lebih membahagiakan. Jangan sampai, menjalani sebuah pernikahan lantaran perkara cinta dan status saja.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Gender & Society menemukan bahwa pembagian yang adil menjalani peran orangtua akan memberikan kebahagiaan yang besar pada pasangan menikah.

Peneliti mencoba menganalisi apa yang membuat mereka kurang bahagia, kurang puas dengan pernikahan, dan memiliki kesehatan mental lebih rendah. Ternyata menjalani pengasuhan anak yang seimbang adalah salah satu faktor yang tak bisa diabaikan.

 

2 dari 2 halaman

Jangan Berat Sebelah

Jangan Berat SebelahPasangan yang kurang bahagia biasanya menjalani peran orangtua yang berat sebelah, dengan lebih membebankan kewajiban mengasuh anak hanya pada ibu.

Sedangkan ayah kurang mengambil peran atau "lepas tangan" dalam mengurus anak. Inilah yang sering menimbulkan ketidakpuasan dalam menjalani pernikahan.

Seiring berjalannya waktu, sepertinya ayah masa kini sudah tak ragu lagi mengambil peran pengasuhan yang sama besar dengan istrinya. Mulai sekarang, cobalah berbagi peran dan tugas secara adil. Demi kebahagiaan semua pihak.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Dorong Jaminan Kesehatan yang Ramah Anak, KPAI Soroti Empat Aspek
Artikel Selanjutnya
Tips Ajari Anak di Tengah Kemajuan Teknologi