Sukses

4 Makanan Kaya Nutrisi untuk Ibu Baru Melahirkan

Sayur bayam dan sumber protein lain penting dikonsumsi untuk ibu baru melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan ibu juga perlu mendapatkan asupan bernutrisi. Asupan yang tepat ini juga bisa membantu mereka dalam menyusui anak.

Asupan nutrisi yang tepat juga bisa membantu ibu yang baru melahirkan tetap sehat dan kembali pada kondisi optimal mereka. Oleh karena itu, pilihan makanan ini merupakan hal yang tidak boleh dikesampingkan.

1. Telur

Sebutir telur mengandung lima sampai enam gram protein sehingga bisa membuat ibumerasa lebih cepat kenyang

Telur juga merupakan sumber alami kolin, nutrisi penting yang digunakan membangun pusat memori pada otak bayi. Seperti nutrisi lain, kolin juga bisa dikonsumsi bayi melalui air susu.

2. Daging

Daging sapi merupakan makanan yang kaya dengan kandungan zat besi dan mineral yang bisa membantu menambah energi dan memproduksi air susu. Pilih daging yang rendah lemak.

Selain daging sapi, daging ayam juga bisa jadi pilihan untuk kamu konsumsi.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Ikan

Salmon dan ikan lainnya yang kaya asam lemak omega-3 bagus untuk jantung. Makanan ini juga bisa membantu perkembangan otak bayi ketika dikonsumsi oleh ibu yang menyusui.

Tak perlu mengonsumsi ikan salmon setiap hari, cukup satu atau dua kali seminggu saja. Ganti dengan jenis ikan lainnya yang tak kalah bergizi. 

4. Bayam dan sayuran lain

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan asam folat dan kolagen yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut merupakan hal yang penting dikonsumsi oleh ibu baru melahirkan.

Kolagen diperlukan untuk mempercepat penyembuhan terutama setelah operasi caesar. Sedangkan asam folat penting sebagai pengganti darah yang keluar setelah ibu hamil melahirkan.

 

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.