Sukses

Kabut Asap Mengepung, Ini Tips agar Tak Jatuh Sakit

Liputan6.com, Jakarta Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan berbagai jenis penyakit lain bisa timbul akibat kabut asap yang melanda berbagai wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Upaya pencegahan perlu dilakukan agar warga terdampak tak jatuh sakit maupun tak makin parah jika sudah sakit. 

"Sebenarnya pencegahan itu ada tiga, satu primer, sekunder dan tersier," papar dokter Agus Dwi Susanto selaku Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dalam konferensi pers UI Peduli Asap pada, Jumat (20/9/19) di Kampus Universitas Indonesia Salemba, Jakarta.

Pencegahan primer bertujuan untuk menghindarkan warga terserang penyakit akibat asap. Caranya dengan mengurangi aktivitas di luar rumah serta menutup jendela rapat agar partikel yang ada di luar tidak masuk ke dalam rumah.

Bila terpaksa bepergian pastikan menggunakan masker selama di luar ruangan. Selanjutnya, penting pula untuk menjaga kesehatan diri dengan rutin mencuci tangan.

"Sering cuci tangan kalau habis dari luar karena sumber infeksi berasal dari tangan kita," tambah Agus dalam sesi wawancara dengan beberapa media.

Agus juga mengingatkan untuk selalu mengecek kualitas udara di wilayah tempat tinggal apabila ingin melakukan aktivitas di luar rumah. 

 

Langkah pencegahan sekunder untuk terhindar dari berbagai penyakit yang menyangkut saluran pernapasan yaitu dengan melakukan pencegahan sekunder dengan melakukan deteksi dini terhadap kondisi kesehatan.

"Dengan deteksi dini, gejala- gejala yang muncul bisa segera diobati. Jadi jika masyarakat yang mulai ada keluhan- keluhan segaralah ke pelayanan kesehatan supaya bisa ditangani lebih dini. Lebih cepat maka hasilnya akan lebih bagus," tutur dokter yang sehari-hari praktik di RS Persahabatan Jakarta ini. 

Pasien dengan riwayat penyakit seperti asma, jantung, paru kronik juga harus sedia obat-obatan sebagai bentuk pertolongan pertama di rumah. Apabila gejala masih terus muncul, kata Agus, segera pergi ke pelayanan kesehatan untuk mendapat perawatan medis.

Pencegahan selanjutnya ditekankan kepada mereka yang sudah sakit. Bagi yang sudah merasakan sakit jangan menunda untuk memeriksakan kesehatannya ke rumah sakit guna segera mendapatkan pengobatan yang maksimal.

"Jika tidak berhasil dengan pencegahan primer maka segeralah ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut supaya tidak terlambat. Jika terlambat penanganan akan lebih meningkatkan risiko kematian," tekan Agus.

 

Penulis : Eflien Anggelien

  • Infeksi saluran pernapasan akut merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu atau lebih bagian saluran pernapasan.
    ISPA
  • Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Kabut Asap Pekat Halangi Pesawat Mendarat di Bandara Palembang
Artikel Selanjutnya
Kualitas Udara Sumatera Selatan Berbahaya, Sekolah Diliburkan