Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Ikut Touring jadi Bagian dari Gaya Hidup Sehat, Begini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang suka dilarang pasangan saat mau pamit untuk ikutan touring? Kini, kamu punya alasan tepat untuk berkendara motor jarak jauh dengan komunitasmu. Ajukan fakta kalau mengikuti touring bisa bikin tubuh sehat dan stres menghilang. Jika dilakukan secara rutin dan dengan cara yang tepat, ancaman penyakit kritis pun bisa ditekan. Begini faktanya

Lutut dan Paha Jadi Lebih Kuat dan Sehat

Ahli bedah ortopedi telah membuktikan jika pengendara sepeda motor lebih sedikit masalah lutut. Pasalnya, kebiasaan ini dapat memperkuat otot-otot penting yang digunakan untuk menahan tulang-tulang di lutut tetap pada tempatnya.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Selain mengoptimalkan fungsi otak, mengendarai sepeda motor terbukti berdampak positif bagi kesehatan mental. Suasana hati meningkat dan stres berkurang saat menyusuri jalanan. Setiap kali melaju dengan motor, kamu juga merasakan adrenalin maupun endorfin yang dilepas oleh tubuh. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang meningkat sebagai tameng dari penyakit yang menyerang.

Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Mungkin nggak nyangka jika kebiasaan melakukan perjalanan jarak jauh bisa meningkatkan kekuatan inti tubuh. Jaga diri tetap tegak saat mengendarai sepeda motor karena dengan mempertahankan postur tubuh yang benar kamu akan melatih bagian tengah tubuh, menguatkan leher, dan melatih otot-otot punggung. Semua kegiatan yang terlibat dalam menyetir sepeda motor dan menjaganya tetap stabil dalam kecepatan lambat juga dapat memperkuat otot perut.

Membakar Kalori

Bukan hanya olahraga saja yang bisa membakar kalori, menaiki sepeda motor juga bisa, lho. Bukan hanya menyajikan latihan fisik dan mental, touring juga meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Selain membakar kalori, menggunakan tubuh untuk menjaga keseimbangan dan menyetir sepda motor dengan aman juga membutuhkan usaha yang nggak sedikit. Tuntutan untuk menggunakan hampir semua otot ini lumayan dijadikan latihan pengencangan seluruh tubuh.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat saat mengikuti touring. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan tubuh fit dan sehat sebelum berkendara. Rencanakan kapan waktu yang tepat untuk memulihkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan, misalnya setiap dua jam berhenti untuk beristirahat, minum, dan meregangkan tubuh.

Selain itu, kenakan atribut keselamatan seperti helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan masker. Jangan lupa juga untuk bekali diri dengan asuransi yang memproteksi diri dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Bukan hanya asuransi jiwa saja, tapi juga asuransi penyakit kritis yang dapat melindungi diri dari ancaman penyakit tanpa harus menguras tabungan yang dimiliki. Siap touring bareng komunitasmu?

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Sehat itu Mahal, Amankan Keuangan Sebelum Penyakit Menyerang
Artikel Selanjutnya
Jangan Dianggap Sepele, Stres Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini