Sukses

Air Purifier Bantu Bersihkan Udara Kotor Akibat Kabut Asap

Meski air purifier membantu, yang paling dibutuhkan saat ini adalah hujan untuk mengatasi kabut asap.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI sudah mengirimkan air purifier atau pembersih udara untuk dipasang di titik-titik lokasi Rumah Singgah Warga Terdampak Asap yang ada di Riau. Kehadiran air purifier membantu membersihkan udara di dalam ruangan sehingga lebih aman dihirup.

"Di Rumah Singgah ada air purifier untuk masyarakat. Jadi, masyarakat terhindar dari partikel udara kotor berbahaya dari kabut asap. Udara menjadi lebih aman dihirup," ungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono di Kuningan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

 

Melalui keterangan tertulis kepada Health Liputan6.com, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir juga menyampaikan bahwa solusi untuk saat ini untuk membersihkan udara kotor di dalam rumah bisa dengan alat seperti air purifier ini.

Meski begitu, solusi utama dari masalah asap akibat kebakaran hutan dan lahar (karhutla) adalah hujan.

"Wilayah ini (Riau) tidak ada angin sehingga asap tidak bisa kemana-mana. Air purify dibutuhkan, tapi hujan yang bisa menyelesaikan masalah" ujar Yuliani.

Kini, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama unsur terkait lain terus memantau dan memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat terdampak asap karhutla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini